Khairunas, Bupati Harapan Masyarakat Solok Selatan Itu Akhirnya Dilantik Gubernur Hari Ini

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyerahkan petikan putusan Mendagri RI kepada Bupati Solok Selatan Khairunas
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyerahkan petikan putusan Mendagri RI kepada Bupati Solok Selatan Khairunas (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Bukan karena ambisi pribadi, tetapi harapan masyarakat yang begitu besar terhadapnya membuat seorang Khairunas tidak menyerah dan terus maju menjadi calon Bupati Solok Selatan ( Solsel ) tiga kali berturut-turut.

Dua kali menempati urutan kedua perolehan suara pada 2010 dan 2015, Allah SWT akhirnya mengabulkan doa dan harapan masyarakat yang tertumpah pada Khairunas, Alhasil, saat mengikuti Pilkada yang ketiga kalinya pada tahun 2020, Khairunas yang berpasangan dengan Yulian Efi akhirnya muncul sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan terpilih.

baca juga: Anggota DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Pemerintah Bagi 58 Kelompok Tani Dan 200 KK Di Solsel

"Bukan karena faktor ekonomi. Kalau untuk ekonomi, kami dan keluarga sudah cukup, tetapi karena harapan masyarakat Solok Selatan , maka kami akan kembali maju sebagai Bupati Solok Selatan ," kata Khairunas saat menyatakan maju pada Pilkada 2020 yang lalu.

Gubernur Sumatera barat Mahyeldi Ansharullah memasang tanda pangkat dan jabatan Bupati Solok Selatan terpilih Khairunas
Gubernur Sumatera barat Mahyeldi Ansharullah memasang tanda pangkat dan jabatan Bupati Solok Selatan terpilih Khairunas

Hari ini, Senin (26/4/2021) sekitar pukul 10.00 WIB, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan terpilih hasil Pilkada 2020 H.Khairunas - H.Yulian Efi di Auditorium Gubernuran Sumbar.

baca juga: Polres Solsel Amankan 34 Galon Berisi 1.000 Liter Bio Solar untuk Tambang Emas Ilegal

Pengambilan sumpah jabatan berlangsung khidmat meski dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pegawai dilingkungan Pemkab Solsel mengikuti prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan secara virtual di aula kantor bupati setempat
Pegawai dilingkungan Pemkab Solsel mengikuti prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan secara virtual di aula kantor bupati setempat

Usai prosesi pelantikan Bupati dan Wakil bupati, juga dilakukan pelantikan ketua TP-PKK Solsel Erniati Khairunas dan Wakil Ketua, Bet Yulian Efi

baca juga: Miris, Hanya Kerena Hal Ini Seorang Suami di Solsel Tega Suruh Istrinya Jual Diri dan Minta Rekaman

Bupati Solsel , Khairunnas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi mengatakan segera melakukan konsolidasi ke internal Pemkab Solok Selatan untuk mengimplementasikan visi misinya.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Khairunas dan Yulian Efi bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi dan ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Khairunas dan Yulian Efi bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi dan ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda

"Yang kita lakukan tentu fokus kepada visi misi bupati dan wakil bupati serta program 100 hari pertama. Termasuk fokus kepada konsolidasi internal pada tatanan pemerintahan," katanya.

baca juga: 21 Penambang Emas Ilegal di Solsel Ditangkap Polisi, Kapolres : Kami Buru Pemodal dan Backingnya

Dia meminta pejabat dan aparatur pada pemkab Solsel untuk fokus bekerja dalam menjabarkan visi misi bupati dan wakil bupati dalam program dan kegiatan di masing-masing OPD.

"Semua pejabat diminta bagaimana bisa bekerja sama menjalankan visi misi bupati dan wakil bupati. Kepala dinas harus bisa menjabarkan menjadi program kerja dan fokus kepada visi dan misi tersebut," sebutnya.

Khairunas mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu kembali pasca pilkada serentak pada Desember 2020 silam dan bersama-sama membangun kabupaten Solok Selatan .

"Pilkada sudah usai. Saatnya sekarang kita bersatu padu dalam membangun Solsel kedepan," ujarnya.

Prosesi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan juga diikuti secara virtual oleh Pejabat dan pegawai dilingkungan Pemkab Solok Selatan , instansi vertikal, dan tamu undangan lain di aula Sarantau Sasurambi Pemkab Solsel .

Terpisah, salah seorang tokoh masyarakat Solok Selatan Attila Madjidi Datuak Sibungsu mengatakan rasa syukurnya, sebab Khairunas sang Bupati harapan masyarakat Solok Selatan itu telah resmi memimpin Kabupaten Sarantau sasurambi tersebut.

"Alhamdulillah, Pak Khairunas Bupati Harapan Masyarakat Solok Selatan Itu Telah Dilantik Gubernur, karena dilantik dibulan ramadhan semoga ini menjadi berkah bagi masyarakat Solok Selatan ," katanya.(Adv)

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah