Musorprovlub KONI Sumbar, Verry Mulyadi: Pemimpin dengan Karakter Kuat itu Ada Pada Sosok Mayjen (Purn) Amril Amir

Verry Mulyadi
Verry Mulyadi (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat ( Sumbar ) segera digelar. Sejumlah nama-nama calon Ketua KONI Sumbar pun mulai bermunculan.

Ketua KONI Padang Abin Suardi dikabarkan bakal maju menjadi calon Ketua KONI Sumbar . Kemudian, juga Dr Alfroki Martha yang saat ini menjabat Ketua Porserosi Sumbar , Prof Eri Barlian Sekum PODSI Sumbar , Dr Fauzi Bahar Ketua IPSI Sumbar , serta Ketua IMI Sumbar Defri Nasli SH.MKn.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Kemudian, Ketua Perkemi Sunbar Mayjen TNI (Purn) Amril Amir juga dikabarkan ikut maju untuk menduduki KONI 1, termasuk Ketua Pertina Sumbar Togi P Tobing, serta Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horison yang juga konon ikut serta metamaikan bursa pencalonan Ketua KONI Sumbar .

Terkait bermunculan nama-nama calon Ketua KONI Sumbar , tokoh olahraga Sumbar Verry Mulyadi yang juga mantan Exco PSSI Periode 2016 -2019, berharap siapapun yang menjadi Ketua KONI Sunbar ke depan, haruslah yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

baca juga: PASI Sumbar Optimis Raih Medali Emas di PON Papua

"Kalau memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, maka KONI Sumbar sebagai organisasi induk cabang olahraga, akan dapat menghasilkan atlet dan pelatih berkarakter," kata Verry Mulyadi ketika diminta pendapatnya perihal calon Ketua KONI Sumbar , Selasa (27/4/2021).

Menurut Verry, pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan yang itu juga mempunyai karakter yang membentuk, membina tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), sehingga bisa menunjukan perangai dan tingkah laku berlandaskan norma norma Pancasila.

baca juga: Dinas Pertanian Kota Padang Prediksi Jumlah Hewan Kurban Akan Meningkat Pada Idul Adha

Bagi seorang atlet, kata Verry, watak, prilaku dan akhlak yang baik harus dimiliki oleh seorang atlet, sehingga rasa kedaerahan akan terpatri di hati sanubari mereka untuk berjuang penuh di medan laga, guna mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional.

"Untuk membentuk katakter seorang atlet itu, tentunnya pasti kita membutuhkan seorang pemimpin yang mempunyai karakter kuat. Menurut saya, pemimpin dengan karakter kuat itu ada pada sosok Mayjen (Purn) Amril Amir," ungkap Ketua PORBBI Sumbar itu.

baca juga: Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

Di samping mimiliki katakter kepemimpinan yang kuat, lanjut Verry, olahraga Sumbar juga membutuhkan figur pemimpin yang mempunyai jaringan nasional, tegas namun mengayomi. Sebab, tidak ada jaringan nasional, mengayomi tanpa ketegasan, akan membuat organisasi kurang berjalan optimal.

"Sosok seperti Pak Amril Amir inilah yang dibutuhkan olahraga Sumbar . Oleh karena itu, cabang-cabang olahraga sebagai Voters Musorprovlub KONI Sumbar yang akan digelar pada 4-5 Mei besok, jangan salah menjatuhkan pilihan," harap Verry.

Jika Amril Amir terpilih sebagai Ketua KONI Sumbar , tambah Verry, maka nantinya dikepengurusan Amril Amin, akan ada program character building yang akan diterapkan pada insan olahraga, sehingga jiwa patriotisme atlet tak memudar ditelan zaman.

"Program character building itu prpgram TNI yang sangat dibutuhkan oleh atlet. Pak Amril Amir sendiri merupakan purnawirawan TNI yang diyakini akan menerapkan program tersebut, guna meningkatkan jiwa patriot atlet dalam membela daerahnya," pungkas Verry.(*)

Editor: Riki