Bupati Pessel Lepaskan 5 Ribu Ekor Bibit Nila untuk Kolam di Masjid Baiturrahman Painan

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat melepaskan 5 ribu bibit ikan nila di kolam RMB Painan
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat melepaskan 5 ribu bibit ikan nila di kolam RMB Painan (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar menyerahkan 5 ribu ekor bibit ikan pada Remaja Masjid Baiturrahman (RMB) Painan. Bibit ikan dilepaskan sekitaran drainase masjid yang sudah dikelolah menjadi kolam.

Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar mengapresiasi, ide kreatif RMB dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain peduli dengan kebersihan, ide tersebut juga bernilai ekonomis, jika dikelola dengan maksimal.

baca juga: Siswa di Pessel Terpaksa Nyebrang Sungai Karena Jembatan Rusak, Pemkab Harapkan Bantuan BNPB

"Nah, kreatifitas seperti ini yang kami harapkan. Harus jadi dicontoh. Selain nilai ekonomi, kami melihat ada nilai-nilai sosial dari RMB. Nanti kami tambah bibitnya," ungkap bupati saat penyerahan bibit itu pada RMB di Painan, Selasa sore, 26 April 2021.

Bibit nilai itu diterima Ketua RMB, M. Adli didampingi pengurus. Ketika itu, Pengurus langsung meminta bupati menebarkan bibit ke kolam. Penebaran disaksikan Kepala Dinas PSDA, Doni Gusrizal beserta Kepala Bidang Sungai Novi Irawan.

baca juga: Pemilik Lupa Matikan Tungku, Satu Rumah di Pessel Ludes Terbakar

Selain itu, perwakilan Bank Nagari Cabang Painan. Sejumlah perangkat daerah . Kedatangan bupati disambut antusias masyarakat dan pengendara yang melintas di lokasi kolam, Jalan Jenderal Sudirman, Painan.

Bupati pun menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang hadir ketika itu. Menyapa para pelaku UMKM di sekitar kawasan Masjid Baiturrahman. Menyerap kebutuhan mereka guna terwujudnya Pessel sejahtera.

baca juga: Dinas Perternakan Pessel Turunkan Petugas Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Ekonomi kerakyatan yang lahir dari rahim kreatifitas, lanjut bupati, diharapkan mampu menjadi pengungkit ekonomi daerah . Sukses besar, tak selalu berawal dari usaha besar. Banyak hal besar yang hanya diawali dengan hal-hal kecil.

"Ekonomi kreatif masuk skala prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026," terang bupati.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

Apalagi, usaha perikanan bagian dari sektor primer, bersama pertanian, kehutanan dan perkebunan. Selama ini, sektor primer tercatat penyumbang terbesar dalam Pendapatan Domestik Bruto (PDRB) Pessel .

Bahkan, ia menegaskan beberapa waktu lalu meminta dukungan dari Kementerian Koperasi untuk mengembangkan usaha perikanan berbasis UMKM, mengingat besarnya potensi sub-sektor perikanan di Pessel , baik tangkap maupun budi daya.

"Insyaallah, Menteri Koperasi, Pak Teten Masduki menyetujui usulan pemerintah daerah . Mudah-mudahan dapat segera terwujud," terang mantan wakil bupati itu.

Kesempatan itu, Ketua RMB, M. Adli mengucapkan terima kasih pada bupati dan Pemkab Pessel pada umumnya, atas perhatian yang diberikan pada kreatifitas remaja masjid. Kegiatan ini sekaligus guna memupuk semangat generasi muda.

Pemanfaatan saluran air di sekitar kawasan Masjid Akbar itu tumbuh atas kesadaran bersama. Selain berorientasi pendapatan, hasil pemanfaatan saluran air ini juga bakal dibagikan pada warga sekitar masjid.

Panjang saluran yang dimanfaatkan sekitar 300 meter, dengan target isi sebanyak 100 ribu ekor. "Alhamdulillah, sekarang sudah ada sekitar 10 ribu ekor," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri