Warga AS yang Terima Dua Kali Vaksin Boleh Tak Pakai Masker

Warga di AS mengenakan masker
Warga di AS mengenakan masker (net)

KLIKPOSITIF - Warga Amerika Serikat (AS) yang telah mendapat vaksin Covid-19 dengan dosis penuh tak perlu lagi menggunakan masker saat mereka berada di tempat terbuka. Hal ini disampaikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Pedoman kesehatan terkini dari lembaga itu menyebutkan warga yang telah menerima dosis penuh vaksin corona bisa melepas masker saat sendirian atau saat sedang bersama kelompok kecil dengan orang-orang yang juga sudah mendapat vaksin dosis penuh di luar ruangan.

Tapi petunjuk kesehatan dari CDC tetap mempertahankan kewajiban pakai masker di dalam ruangan maupun di tempat yang ramai orang bagi yang sudah divaksin. Sejauh ini, lebih dari 95 juta warga AS sudah menerima sepenuhnya dosis vaksin Covid-19.

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Baca Juga:

Antar 2 Lansia, Warga Karangasem Bisa Dapat Akses Vaksin Covid-19

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Berdasarkan pengumuman CDC pada hari Selasa, Presiden Joe Biden menyambut baik petunjuk kesehatan itu sebagai "kemajuan yang luar biasa". "Para ilmuan kami meyakini berdasarkan data, bahwa kemungkinan untuk tertular atau menularkan virus ke orang lain itu sangat, sangat rendah," kata Biden. "Intinya jelas: kalau Anda sudah divaksin, Anda bisa melakukan banyak hal."

Joe Biden juga mendesak warganya yang belum menerima vaksin untuk segera mendapatkannya, tindakan yang dia sebut "patriotik".

baca juga: Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

" Vaksin tidak sekadar menyelamatkan nyawa Anda, tapi juga orang-orang di sekitar Anda - juga membantu kita untuk kembali lebih dekat dengan kehidupan normal."

Otoritas kesehatan mengumumkan pedoman kesehatan terbaru ini hari Selasa dalam rapat satgas pengendalian Covid-19 di Gedung Putih. "Kerumunan kecil dan sedang di tempat terbuka sudah aman buat orang-orang yang sudah mendapat vaksin tanpa menggunakan masker ," kata Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky. Hal ini termasuk berolahraga atau makan di tempat terbuka.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Rp88,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Ini Rincian Kegunaannya

Dia mengatakan, ketentuan penggunaan masker di ruang terbuka besar yang ramai akan sangat tergantung pada persoalan lainnya, seperti seberapa baik ventilasi udara di ruangan, dan seberapa banyak ruang kosong di antara orang-orang yang berkumpul.

Petunjuk kesehatan ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin dosis penuh - yaitu dua minggu setelah mendapat vaksin dosis kedua. Bukti menunjukkan bahwa, meskipun penularan Covid-19 dapat terjadi di ruang terbuka, namun risiko transmisinya sangat rendah. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang sudah divaksin secara penuh memiliki kemungkinan kecil untuk menyebarkan virus.

Dr Walensky mengatakan petunjuk kesehatan tentang masker bagi orang yang sudah mendapat vaksin dosis penuh sebagian besar ditujukan "untuk melindungi mereka yang belum divaksin".

"Kami sangat berharap orang-orang yang belum mendapat vaksin untuk membatasi interaksi dengan orang lain, untuk kembali pada prinsip dasar meningkatkan ventilasi, menjaga jarak," katanya.

Otoritas kesehatan AS juga mencatat jumlah kasus di AS dalam kondisi stabil, seiring vaksinasi yang terus meningkat. Pada hari Selasa, mereka menyerukan kepada lebih banyak warga untuk mendaftarkan diri mendapatkan vaksinasi. CDC melaporkan hampir 141 juta warga Amerika - atau sekitar 42% dari total populasi - telah menerima sedikitnya satu dosis hingga 26 April kemarin.

Editor: Ramadhani