Jamin Keamanan Pangan, BPOM Sumbar Sidak Pasar Raya Solok

Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra dan tim BPOM Solok meninjau Pasar Raya Solok
Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra dan tim BPOM Solok meninjau Pasar Raya Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Mengawasi peredaran obat dan makanan tidak layak edar di wilayah kota Solok, Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) Sumatra Barat langsung turun melakukan pengecekan di pasar raya Solok, Rabu (28/9/2021).

Pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap pedagang makanan dan bahan makanan yang ada di Pasar Raya Solok, namun juga dilakukan pengecekan di sejumlah swalayan dan juga pasar takjil.

baca juga: PKSI Kota Solok Bantu Baju Hazmat Untuk Petugas BPBD

Kepala BPOM Sumbar, Firdaus Umar menjelaskan, sidak yang dilakukan dalam rangka intensifikasi pengawasan obat dan makanan selama bulan Ramadan.

"Kita turun kepasar melakukan sampling pada pangan segar maupun takjil untuk dilakukan tes cepat di mobil lab, jika ada dugaan sampel kita bawa ke laboratorium kita di Padang," jelas Firdaus Umar.

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

Pihaknya berharap, para pedagang tertib dan menghindari penggunaan bahan berbahaya dalam pangan sehingga tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

Dalam pemantauan yang dilakukan di Swalayan memang ditemukan makanan yang kemasannya sudah rusak atau penyok, dan ada juga makanan yang sudah kadaluarsa tapi dalam jumlah yang tidak banyak.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

"Kita suruh pemilik swalayan untuk menyisihkan dan untuk tidak dijual lagi," jelas Firdaus.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan dengan adanya pengawasan langsung yang dilakukan oleh BPOM Sumbar dapat mengingatkan para pedagang untuk lebih peduli dengan keamanan pangan.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

"Alhamdulillah, pengawasan obat dan makanan ini dilakukan untuk menjamin kualitas makanan yang di konsumsi masyarakat Kota Solok ," ungkap Ramadhani.

Pihaknya berharap, dengan adanya sidak yang dilakukan oleh BPOM Sumbar dan pihak terkait dapat memberikan jaminan terhadap keamanan pangan yang dijual di pasaran.

"Kita harap, BPOM dan instansi terkait dapat memberikan pembinaan terhadap para pedagang dan pengusaha swalayan yang ada di kota Solok," tutupnya.

Editor: Syafriadi