Demi Percepatan Pembangunan, Nagari Pangkalan Akan Lakukan Pemekaran

Wali Nagari Pangkalan Rifdal Laksamano
Wali Nagari Pangkalan Rifdal Laksamano (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF - Nagari Pangkalan bersiap untuk lakukan pemekaran menjadi 3 nagari. Sebelumnya, Nagari Pangkalan hanya terdiri satu nagari dengan jumlah penduduk mencapai 10.300 jiwa.

Wali Nagari Pangkalan Rifdal Laksamano didampingi Sekretaris Nagari Hari Mandala mengatakan wacana pemekaran ini telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini, proses pemekaran masih terus dilakukan dengan memenuhi beberapa persyaratan.

baca juga: Manfaatkan Dana Desa Untuk Pengembangan Pariwisata, Objek Wisata Berkonsep Persawahan Ini Mulai Jadi Primadona di Pariaman

"Menurut rencana Nagari Panggalan akan bertambah 2 Nagari lagi yaitu Nagari Pangkalan Selatan dan Utara. Sehingga ke depannya bakal ada 3 nagari termasuk Nagari Induk atau Nagari Pangkalan saat ini," kata Rifdal saat ditemui di Kantor Wali Nagari Pangkalan, Kamis 29 April 2021.

Ia menjelaskan hingga saat ini, proses atau tahapan telah sampai pembuatan peta atau menggambar batas wilayah. Sementara itu, persyaratan lainnya seperti jumlah penduduk dan KK serta persyaratan lainnya sudah dipenuhi.

baca juga: Hanya Satu Calon Perempuan yang Maju dalam Pilkades Pariaman

"Beberapa pertemuan dengan tokoh masyarakat tetangga batas wilayah sudah dilakukan seperti dengan Nagari Manggilang, Gunuang Malintang, Tanjuang Balik, Koto Alam, dan Baluang. Saat ini juga tengah dilakukan penyusunan peta baik itu peta tegak maupun penegasan batas wilayah," ujar Wali Nagari Pangkalan.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri