Sejak Awal Ramadan, DLH Padang Catat Peningkatan Sampah Batok Kelapa

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Padang mencatat sampah batok kelapa meningkat drastis selama bulan ramadan .

"Biasamya dalam bulan ramadan memang terjadi penambahan volume sampah batok kelapa," kata Kepala DLH Kota Padang, Mairizon.

baca juga: Terima Kunjungan Ombudsman, Wabup Pessel: Peningkatan Pelayanan Publik Sesuatu yang Mutlak

Menurutnya, volume sampah di Kota Padang saat ini masih berkisar antara 400 sampai 500 ton per hari.

"Kalau jumlah keseluruhan sampah masih normal, hanya saja, volume sampah batok kelapa mengalami peningkatan," lanjutnya.

baca juga: Komplotan Pencuri Batu Akik yang Dihiasi Berlian Senilai 11 Milyar Ditangkap Polisi

Ia mengatakan, pada hari biasanya, volume sampah batok kelapa hanya 4 truk sehari, bulan Ramadan ini bisa mencapai 7-8 truk sehari.

"Selain itu, jumlah trip pengangkutannya juga bertambah. Biasanya 3 trip, sekarang menjadi 4 sampai 5 trip dalam sehari," lanjutnya.

baca juga: 175 ASN dan Non ASN di Pemkab Pessel di Vaksin Covid-19

Untuk proses pengangkutannya, petugas kebersihan langsung melakukan penjemputan ke sumber lokasi sampah . Diantaranya di kawasan Pantai Padang, Ujung Gurun dan kawasan lainnya di Kota Padang.

"Petugas kita langsung menjemputnya ke lokasi. Oleh karena itu, kita mengimbau kepada pedagang agar bisa meletakkan sampahnya dengan baik dan tidak membuangnya di sembarangan tempat," imbaunya.

baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Konsumsi Madu dan Jaga Hutan

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri