Vaksin Terbatas, India Kini Catat Lebih 400 Ribu Kasus Baru Corona Sehari

Video Kepulan Asap Jenazah Pasien Covid-19.
Video Kepulan Asap Jenazah Pasien Covid-19. ((YouTube/Guardian))

KLIKPOSITIF - India kembali mencatatkan rekor kasus baru virus corona tertinggi dalam sehari pada Sabtu (1/5/2021). Total terdapat 401.993 kasus baru dalam sehari.

Bersamaan dengan rekor tersebut, dalam sehari angka kematian mencapai 3.523 orang.

baca juga: Hari Ini 12 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Polsek Sungayang Gelar Vaksinasi

Laporan Reuters menyebut, dalam dua bulan India mencatatkan pasien baru Covid-19 sebanyak 7,7 juta kasus.

Gelombang kedua virus corona di negeri itu mengalami peningkatan signifikan sejak Februari lalu dan sama sekali belum memperlihatkan penurunan hingga kini.

baca juga: Banyak Remaja Penyintas Covid-19 di Sumbar, Ini Kata IDAI

Menurut data worldometers yang diakses pada Sabtu (1/5/2021) pukul 12.00 WIB, total kasus Covid-19 di India mencapai 19.164.969 dengan angka kematian 211.853.

Minimnya pengawasan dan protokol kesehatan di tengah masyarakat saat digelarnya hari raya keagamaan Kumbh Mela diduga jadi penyebab tsunami Covid-19 di India .

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Dampaknya, kasus Covid-19 di salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia tersebut melonjak drastis. Pasien Covid-19 dilaporkan membludak di rumah sakit hingga terjadi kekurangan tabung oksigen..

Di samping itu, Reuters juga melaporkan India memiliki jumlah vaksin Covid-19 terbatas. Kondisi ini memperburuk keadaan pandemi di India .

baca juga: Kerjasama dengan Polda, PT Semen Padang Vaksin 1.200 Karyawan

Ratusan orang terlihat mengantre di seluruh Kota Ahmedabad, salah satu kota yang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sementara, di tempat lain, mayat-mayat dibiarkan begitu saja karena mengantre untuk dikremasi.

"Kami berharap bahwa kami akan mendapatkan vaksin besok atau lusa. Saya meminta Anda untuk tidak mengantri di pusat vaksinasi pada hari Sabtu," kata Kepala Menteri negara bagian Delhi, pada Jumat, melansir Batamnews

Editor: Eko Fajri