Lakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Payakumbuh Bersinergi dengan Polres Payakumbuh

Lakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Payakumbuh Bersinergi dengan Polres Payakumbuh
Lakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Payakumbuh Bersinergi dengan Polres Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Payakumbuh , Lapas Klas II B Payakumbuh bersinergi dengan Polres Payakumbuh . Hal ini merupakan salah satu wujud nyata Sinergitas Pemasyarakatan dan Polri serta koordinasi yang baik antara Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas IIB Payakumbuh dan Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh berupa giat sambang rutin.

Kalapas Klas IIB Muhammad Kameily mengatakan salah satu bentuk sinergi dilakukan dengan Patroli Sambang. Ia menjelaskan bahwa Patroli sambang yang dilakukan oleh Polres merupakan suatu bentuk giat rutin yang tujuannya memonitor objek-objek vital seperti Lapas .

baca juga: Harga Cabai Merah di Pariaman Terus Naik

"Patroli sambang dilakukan pada waktu-waktu rawan terutama malam hari. Kami menyambut baik kunjungan anggota Sabhara Polres Payakumbuh serta mengapresiasi giat sambang yang dilakukan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) serta peningkatan kewaspadaan pada Lapas Payakumbuh ," ujarnya.

Ia berharap semoga giat sambang seperti ini terus berlanjut dan berkesinambungan sehingga sinergi pemasyarakatan dan kepolisian semakin kuat dan kokoh. Kemudian selain patroli sambang, anggota Polres Payakumbuh juga melakukan pengecekan rutin, seperti jumlah narapidana serta kegiatan pembinaan.

baca juga: Bulan Bakti Karang Taruna Sumbar, Gubernur Ajak Pemuda Berperan Aktif Mendukung Program Pemerintah

"Salah satu anggota Polres Payakumbuh juga menanyakan informasi kondisi Warga Binaan Pemasyarakatan saat ini. Pihaknya ingin mengecek jumlah penghuni, kemudian bertemu dengan anggota jaga yang sedang bertugas dan sebenarnya kegiatan patroli ke Lapas telah rutin setiap hari, khususnya pada jam-jam rawan demi terus menjaga Sitkamtibmas yang kondusif," katanya.

Adanya sinergi antara Lapas Klas IIB Payakumbuh dan Polres Payakumbuh ini dikatakannya sangat diapreasiasi. Sebab kegiatan ini diharapkan dapat selalu terjaga dengan baik dan semakin kuat.

baca juga: Tersisa 2 Desa yang masih Zona Kuning di Pariaman

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani