Tindak Lanjuti Instruksi Mendagri No 09 Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Evaluasi

Tindak Lanjuti Instruksi Mendagri No 09 Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Evaluasi
Tindak Lanjuti Instruksi Mendagri No 09 Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Evaluasi (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pengoptimalan Posko PenangananCOVID-19 di Kota Payakumbuh , Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat evaluasi pelaksanaan penanganan covid-19 bersama camat dan lurah se kota Payakumbuh di Aula Ngalau lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh , Senin 26 April 2021.

Rapat evaluasi ini diikuti oleh Camat dan Lurah se- Kota Payakumbuh dengan pembahasan pengoptimalan pencegahan, pembinaan dan penanganan COVID-19 kepada masyarakat serta pembatasan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz didampingi oleh Unsur Forkopimda mengatakan pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah dan semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah, terdapat peluang peningkatan mobilitas masyarakat, baik untuk kegiatan keagamaan, keluarga, maupun pariwisata yang akan meningkatkan risiko laju penularan COVID-19.

baca juga: Hari Ini, 12 Warga Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Kasus Positif Aktif Jadi 315 Orang

"Kita adalah garda terdepan yang harus melindungi masyarakat dari penyebaran virus ini. Bapak dan ibuk Camat, Lurah serta Instansi terkait lainnya harus lebih aktif lagi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya covid dan penerapan protokol kesehatan ketat. Terutama bagi masyarakat dari luar daerah yang sudah terlanjur sampai di Kota Payakumbuh , harus didata dan dilakukan rapid test segera," kata Erwin.

Secara garis besar ada perubahan berupa masa berlaku testing bagi para pelaku perjalanan dan memperluas waktu pembatasan dari tanggal 22 April hingga 22 Mei dengan tujuan agar bisa mendorong masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik selama pandemi. Menurutnya, Pemerintah Payakumbuh bersama dengan unsur Forkopimda akan melakukan pemantauan secara berkala baik itu di posko maupun di daerah yang dikhawatirkan akan mengalami lonjakan terinfeksi covid 19 karena di beberapa daerah Kota Payakumbuh ada zona merah yang kasus suspek covid 19 nya telah mengalami penambahan setiap harinya.

baca juga: Kampung Bahari Nusantara Sungai Pisang Diyakini Masyarakat Bahari

"Diimbau kepada masyarakat untuk patuh pada aturan pemerintah mengenai larangan mudik. Saya mengerti kita semuanya pasti rindu sanak saudara di saat-saat seperti ini, apalagi di lebaran nanti. Tapi mari kita utamakan keselamatan bersama dengan tidak mudik ke kampung halaman. Mari kita isi Ramadhan dengan ikhtiar memutus rantai penularan wabah dengan selalu menerapkan 5M demi keselamatan seluruh sanak saudara kita, diri kita sendiri dan seluruh masyarakat," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah