Dinkes Padang Minta Warga Tes Covid-19 di Faskes Resmi, Ini Alasannya

Seorang warga melakukan tes PCR di Puskesmas Padang Pasir
Seorang warga melakukan tes PCR di Puskesmas Padang Pasir (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan Kota Padang meminta masyarakat agar melakukan pemeriksaan tes covid-19, baik melalui rapid test, swab antigen dan PCR di fasilitas kesehatan resmi.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 yang lebih parah lagi, karena adanya klinik nakal yang menggunakan alat bekas dewasa ini.

baca juga: Astra Grup Padang Berikan Bantuan Sembako Untuk Satpol PP Padang

"Kalau untuk Kota Padang , sampai saat ini kami belum menemukan. Insyaallah tidak ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani Hamid.

Selain itu, menurutnya juga tidak semua tenaga kesehatan dapat melakukan pemeriksaan swab antigen, dan PCR test.

baca juga: Lokasi Wisata di Zona Merah dan Orange Harus Tutup Saat Libur Lebaran, Ini Tanggapan Wali Kota Padang

"Untuk tes anti gen dan PCR, harus dilakukan tenaga kesehatan yang terlatih, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan kondisi sebenarnya," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak dapat mengawasi semua tempat yang menyediakan pemeriksaan Covid-19 secara rutin, karena banyak kendala yang dimiliki.

baca juga: Kadis Perdagangan Kota Padang Ajak Masyarakat Tidak Beli BBM Eceran di Pinggir Jalan

"Untuk mengantisipasi kejadiaan penggunaan alat bekas pada pemeriksaan Covid-19 seperti yang terjadi di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, masyarakat harus melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang resmi seperti Puskesmas," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi