Antisipasi Lonjakan Kasus Covid, PPKM Skala Mikro di Padang Panjang Diperketat

Sekda Sonny Budaya Putra gelar rapat koordinasi evaluasi penanganan covid di Kota Padang Panjang
Sekda Sonny Budaya Putra gelar rapat koordinasi evaluasi penanganan covid di Kota Padang Panjang (DirgaR)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Mengantisipasi peningkatan kasus covid-19 di Kota Padang Panjang , Pemerintah Kota (Pemko) setempat memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga ke tingkat kelurahan.

Hal itu disampaikan Sekdako, Sonny Budaya Putra, saat rapat evaluasi bersama camat dan sejumlah kepala OPD terkait penanganan covid di Balai Kota Padang Panjang , - Sumbar, Selasa(4/5/2021).

baca juga: Utamakan Kualitas Pelayanan , Disdukcapil Padang Panjang Rancang Strategi Pengurusan Adminduk

Dikatakan Sonny, PPKM telah berjalan di setiap kelurahan. Namun, perlu adanya pengawasan yang lebih ekstra agar optimalisasi PPKM di lapangan bisa terlaksana.

"Benahi dan lengkapi apa yang kurang, dan efektifkan tugasnya mulai hari ini. Ini disupervisi oleh camat dan BPBD Kesbangol," katanya.

Lebih lanjut Sonny menjelaskan, terkait tugas Satgas Covid-19 pada posko PPKM Mikro diketuai lurah dengan anggota Bhabinkamtibmas, Babinsa dan sejumlah elemen masyarakat lainnya yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Lalu, aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT).

Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Kemudian aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik.

baca juga: Baznas Padang Panjang Distribusikan Zakat Peduli Tenaga THL dan Honorer

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi