Berada di Zonasi Orange, Bupati Pasbar Wajibkan Masyarakat Pakai Masker saat Salat Idul Fitri

Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, S.Ag
Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, S.Ag (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman Barat , Sumatera Barat, Hamsuardi mewajibkan masyarakat untuk memakai masker dalam melaksanakan Salat Idul Fitri mendatang.

"Untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri masyarakat diwajibkan untuk memakai masker. Sedangkan untuk pelaksanaan salat harus dilakukan di masjid, tidak diperbolehkan di lapangan," tegas Hamsuardi di hadapan para OPD.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Menurutnya pelaksanaan ibadah salat selama Ramadan dan Idul Fitri mendatang untuk tetap dilakukan penegasan melalui imbauan kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu, kepada Kankemenag diminta agar mensosialisasikan dan memberi informasi serta pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan tersebut sampai ke tingkat Jorong (Desa).

baca juga: Jelang Lebaran, Wisma Atlet Rawat 1.247 Pasien Covid-19

"Kita bukan melarang, namun menjaga penyebaran virus corona dengan menegakkan aturan protokol kesehatan secara benar," katanya sambil mengingat sudah masuk H-8 jelang Idul Fitri.

Di sisi lain untuk tempat wisata, Bupati Hamsuardi menyebutkan akan dilakukan pembatasan kegiatan tambahan dengan penjagaan ketat bagi masyarakat luar daerah.

baca juga: Ini Tips Lebaran Tetap Aman Ditengah Pandemi dari WHO

"Kita bukan melarang namun menjaga dan membatasi jumlah, jika sudah melampui kapasitas kita lakukan batasan masyarakat untuk masuk," jelas Hamsuardi.

Bupati Hamsuardi juga berharap kepada Dinas Kesehatan untuk terus memantau dan menginformasikan kondisi Zonasi. Karena melalui zonasi ini merupakan langkah awal bagi untuk menentukan kebijakan mengenai COVID -19.

baca juga: Sikapi SE Gubernur Sumbar Terbaru, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Izinkan Warga Salat Ied di Masjid dan Lapangan

"Hari ini kita berada di zona orange, artinya satu zona lagi menuju zona merah. Untuk itu kepada kita semua agar menjaga ketat dan lebih berhati-hati," pintanya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi