Pasiter Kodim 0311 Pessel Ingatkan Soal Pentingnya Penegakan Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

Tim gabungan saat melakukan operasi yustisi di halaman Kodim Pessel
Tim gabungan saat melakukan operasi yustisi di halaman Kodim Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Turun dalam Operasi Yustisi tim gabungan, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan ( Pessel ), menyampaikan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19 di daerah itu.

Hal itu, disampaikan Pjs. Pasiter Kodim 0311 Pessel , Kapten. Arm Hengky Gustian saat turun bersama Tim Gabungan Operasi Yustisi Pessel , di depan Kodim, tepatnya di jalan Ilyas Yakub, Kecamatan IV Jurai, Selasa 4 Mei 2021.

baca juga: Bupati Pessel Bolehkan Salat Ied di Masjid dan Lapangan, Kecuali di Nagari Zona Merah

"Operasi Yustisi bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk mencegah Covid-19. Diantaranya dengan taat prokes dalam masa adaptasi kebiasaan baru," ungkap Kapten. Arm Hengky Gusti sela Operasi Yustisi Gabungan.

Selain personel Kodim 0311 Pessel , ikut dalam Operasi Yustisi personel Polres, Satpol PP dan instansi terkait dalam penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan .

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

Menurutnya, penegakan protokol kesehatan sangat butuh dukungan masyarakat. Karena tanpa itu semua akan sulit dikendalikan, apalagi di tengah meningkatnya kasus saat ini.

"Seluruh stakeholder sangat mengedepankan upaya persuasif dan humanis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Diantaranya guna mendisiplinkan masyarakat dengan 5M," jelas nya.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Menurutnya lagi, apabila ada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum, maka perlu diterapkan sanksi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru provinsi.

"Kita berikan Sanksi dan pemahaman pada masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama," terangnya.

baca juga: Bantu Ketersedian Pangan di Rahul Tapan, Bupati Pessel Kirim 10 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Lanjut Kapten Arm Hengky menegaskan, operasi tersebut akan terus dilakukan agar penerapan protokol kesehatan benar-benar menjadi budaya masyarakat.

"Protokol kesehatan harus jadi budaya, Ini sangat penting sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang harus dilakukan bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat dengan tanpa terkecuali," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi