Baru Diperbaiki, Jalan Provinsi Sungai Garinggiang-Agam Kembali Terancam Amblas

Kondisi jalan
Kondisi jalan (Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Jalan Provinsi di kawasan Batu Mangaum, Kecamatan Sungai Garinggiang yang menghubungkan antara Kabupaten Padang Pariaman dengan Kabupaten Agama-Sumbar kembali rusak. Padahal beberapa hari belakangan tampak pekerja memperbaiki bahu jalan yang longsor akibat air hujan itu.

Rinaldy selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan, tiga hari belakangan petugas baru saja selesai memperbaiki jalan itu.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

"Baru selesai diperbaiki (perbaikan sementara), namun akibat hujan lebat tadi malam maka terjadi lagi longsor. Sekarang tampak lebih parah dari pada sebelumnya," ungkap Rinaldy, di lokasi, Rabu 5 Mei 2021.

Lebih lanjut dikatakannya, keadaan jalan saat ini hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan. Jalan juga kondisi licin akibat lumpur.

baca juga: Ini Imbauan Satlantas Pariaman Terkait Pawai Takbiran di Pariaman

"Jurang akibat longsor juga semakin terjal dan dalam, ada sekitar 200 meter lebih ke dalamannya," kata Rinaldy.

Untuk diketahui juga, jalan tersebut pertama kali rusak pada 2020 akibat genangan air sehingga bahu jalan yang berada di sekitaran tebing membuat jalan longsor.

baca juga: Genius Rangkul Tokoh Adat untuk Sosialisasikan Bahaya Covid-19

Pantauan KLIKPOSITIF , tampak penyangga bahu jalan ( terbuat dari belasan batang kelapa) juga terbawa longsor.

"Jadi harapannya, kepada pengguna jalan yang ingin menuju sungai Geringgiang atau sebaliknya agar mencari alternatif lain. Apalagi sekarang musim penghujan, sewaktu waktu jalan ini sangat berpotensi amblas," sebut Rinaldy.

baca juga: RUU Daerah Kepulauan Jadi Kebutuhan Mendesak Masyarakat Kepulauan

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri