Tak Ada Anggaran, Pemko Padang Tidak Lakukan Penyekatan di Perbatasan

pemeriksaan kendaraan
pemeriksaan kendaraan (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang tidak melakukan penyekatan di perbatasan antar daerah tetangga selama libur lebaran Idul Fitri.

"Untuk tahun ini, kami tidak melakukan penyekatan seperti tahun lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang , Dian Fakri saat menghadiri Diseminasi informasi yang dilakukan Dinas Kominfo Kota Padang , Rabu 5 Mei 2021.

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

Ia mengatakan, pada lebaran nantinya, pihaknya hanya akan bergabung dengan Kepolisian untuk melakukan pemantauan dan pengawasan.

"Kami bergabung dengan kepolisian yang mendirikan sebanyak 10 pos di Kota Padang ini," lanjutnya.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

Menurutnya, tidak dilakukan penyekatan di setiap perbatasan dengan daerah lain karena Pemko Padang tidak lagi memiliki anggaran untuk kegiatan tersebut.

"Hal pertama karena sudah tidak ada lagi anggaran untuk itu, makanya tidak dilakukan kegiatan itu," katanya.

baca juga: Ratusan Personel Satpol PP Padang di Tes Urine

Alasan kedua, karena menimbang Provinsi Sumatera Barat sudah melakukan penyekatan di setiap perbatasan dengan Provinsi tetangga.

"Yang dikhawatirkan itu kan orang dari Provinsi lain datang ke sini dan membawa virus. Tapi kalau dalam provinsi kan Pemprov sudah menyatakan boleh," lanjutnya.

baca juga: Dugaan Penyelewengan Dana Pokir, Polres Padang Telah Periksa 115 Saksi

Alasan lainnya menurutnya akan membuat masyarakat jengah jika dilakukan penyekatan lagi, karena transportasi antar Kota /Kabupaten diperbolehkan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani