Utamakan Kualitas Pelayanan , Disdukcapil Padang Panjang Rancang Strategi Pengurusan Adminduk

.
. (Net)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Memaksimalkan pelayanan masyarakat dibidang Administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang kembali merancang sistem strategi pelayanan publik.

Hal itu diungkapkan Kadisdukcapil setempat Maini, agar sistem dapat mempermudah mempercepat pengurusan administrasi kependudukkan (Adminduk)

" Kualitas pelayanan dukcapil harus berstandar ISO 9001, ini sebuah target yang harus kami capai. Namun, dengan komitmen bersama di jajaran Dukcapil kami bisa mencapai target. Buktinya kami berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 Dari BSI (British Certificate International)," ujar Maini,

baca juga: Personel Satpol PP Padang Berdempetan Saat Serahkan Urine Untuk di Cek, Ini Kata Asisten Satu Setda

Untuk mendapatkan standar ISO tersebut, lebih jelas Maini, Disdukcapil terus membenahi sarana dan prasarana kantor, pembenahan Sumber Daya Manusia, Perangkat lunak dan keras untuk pelayanan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh Standar ISO 9001:2015.

"Kunci utamanya dari sebuah keberhasilan yang kami raih adalah, membangun komitmen bersama untuk mencapai tujuan organisasi, dan berkat kebersamaan yang saya bangun dan juga sikap tegas namun tetap terarah dan juga didukung oleh anggaran dari APBD, Dukcapil Kota Padang Panjang berhasil lebih cepat dari yang ditargetkan kepala daerah , " jelas Maini.

baca juga: Ratusan Personel Satpol PP Padang di Tes Urine

Bentuk pelayanan Disdukcapil Kota Padang Panjang saat ini, seiring dengan program pemerintah wajib KTP. " Kita juga diberi target untuk melakukan perekaman KTP 37.844 dan dapat terealisasi 34.025 atau 89,91 persen. Mencapai, hasil itu, kami harus bekerja ekstra. Jika orang berjalan, kami harus berlari," ujarnya.

Maini menjelaskan, sampai sekarang wajib KTP Kota Padang Panjang sudah melaksanakan perekaman 114,68 persen dari wajib KTP 40.313 jiwa m sesuai data layanan per 14 Januari 2021) pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh "Tim Work" Dukcapil.

baca juga: Musdalub HapKido Sumbar, Risnaldi Ibrahim Terpilih Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Mempersiapkan langkah kerja disdukcapil kedepannya merupakan satu hal penting dilakukan, kata Maini, terus berinovasi menyiapkan strategi pelayanan masyarakat dibidang administrasi kependudukan.

Dikatakan Maini, sejauh ini, disdukcapil telah memberi warna baru yang bersahabat meskipun melakukan perubahan sistem. Dari manual telah dikonversi ke digital, disdukcapil telah memberlakukan pelayanan secara online. Tidak hanya itu, pemangkasan waktu pengurusan, penyederhanaan persyaratan.

baca juga: Diduga Curi Laptop di Kantor Wali Nagari, Seorang Pemuda di Pessel Ditangkap Polisi

" Kita tidak berhenti sampai disini. Saat ini kita tengah merancang strategi baru sebagai sarana pendukung Disdukcapil dalam melayani masyarakat 4 tahun kedepan," ujar.

Selain mempertahankan sistem lama, pihaknya juga tengah berbenah terkait sistem pelayanan, mulai dari kualitas pelayanan, penataan kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukan, penataan kearsipan digital, penyajian data yang akurat, valid dan akuntabel.

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Eko Fajri