Polres Pariaman Luncurkan Aplikasi Android untuk Pelayanan, Ini Manfaatnya

.
. (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kapolres Kota Pariaman melaunching aplikasi pelayanan online dengan nama 'Aplikasi Android Polres Pariaman '. Melalui aplikasi tersebut warga dapat mengurus berbagai hal terkait pelayanan, Kamis (6/5/2021).

"Aplikasi Android Polres Pariaman dibuat untuk mempermudah pelayanan serta mempercepat pemberian informasi untuk masyarakat," ungkap Kapolres Pariaman , AKBP Deny Rendra Laksmana, Kamis 6 Mei 2021.

baca juga: Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

Lebih lanjut dikatakannya, inovasi pelayanan tersebut adalah wujud untuk menjadikan Polres Pariaman sebagai wilayah bebas melayani dan bebas dari tindakan korup.

"Cara untuk mendapatakan aplikasi ini sangat mudah, tinggal download di Playstore lalu masuk ke aplikasi dengan mendaftarkan identitas," jelas AKBP Deny Rendra Laksmana.

baca juga: Ratusan Pelaku Usaha di Pariaman Terima Pelatihan Pengisian LKPM Online

Aplikasi tersebut juga merupakan kantor online atau kantor virtualnya Polres Pariaman .

"Dalam aplikasi tersebut warga bisa mengurus SKCK, SIM, membuat permohonan atau izin, membuat laporan kasus serta hal lainnya. Ini meliputi Satuan Lantas, Narkoba, Reskrim, Intel, dan lainnya," sebut Kapolres itu.

baca juga: Genius Umar Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Dikatakannya juga, operator aplikasi itu standbay selama 24 jam.

Menariknya lagi, melalui aplikasi tersebut pelapor dapat mengawal informasi atas laporan yang dibuat. "Sudah sampai dimanakah laporan, bisa dicek," ulas AKBP Deny Rendra.

baca juga: Wako Pariaman Sampaikan Nota Penjelasan LPj APBD dan LKPD TA 2020

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman , Fitri Nora mengapresiasi langkah Polres atas aplikasi tersebut.

"Jelas kita sangat apresiasi aplikasi itu. Itu mempermudah urusan masyarakat, lebih cepat dan lebih hemat biaya," kata Fitri Nora.

Dikatakannya juga, pelayanan secara online sudah hal seharusnya saat ini berkenaan kini masih wabah pandemi.

"Hal serupa ini dapat juga jadi acuan bagi OPD Pemerintah Pariaman . Dengan aplikasi online pelayanan lebih efektif dan efisien," sebut Ketua DPRD itu.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri