Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Kasus konfirmasi Positif COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar terus bertambah, hari ini sebanyak 78 orang positif, 5 pasien sembuh, dan seorang pasien meninggal dunia.

"Kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 78 orang, seorang pasien meninggal dunia, dan 5 orang pasien dinyatakan sembuh," ucap Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Kamis, 6 Mei 2021.

baca juga: Merasa Terganggu Akibat Cegukan, Ini Cara Mengatasinya

Ia menjelaskan 78 warga yang terpapar virus Corona tersebut terdiri dari 44 warga binaan dan 9 petugas di Rumah Tahanan Batusangkar, serta 25 warga Tanah Datar yang tersebar di tujuh kecamatan yakni Limo Kaum 5 orang, Tanjung Emas 4 orang, Batipuh 4 orang, Kecamatan X Koto 8 orang, Lintau Buo 1 orang, Padang Ganting 1 orang, dan Sungai Tarab 2 orang.

Kemudian 5 pasien sembuh COVID-19 tersebar di dua kecamatan yakni Limo Kaum 1 orang dan Kecamatan X Koto 4 orang. Dan seorang pasien yang meninggal dunia di RSUD Arosuka Solok adalah Laki-laki usia 46 tahun, wiraswasta, alamat di Kecamatan Lima Kaum.

baca juga: Olahraga Sambil Dengarkan Musik, Ternyata Beri Dampak Positif

Roza menjelaskan data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 15.00 Wib adalah sebanyak 1.585 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 1.311 orang, meninggal dunia 52 orang, dirawat di rumah sakit 34 orang, isolasi mamdiri 194 orang, suspek 22 orang, dan probable 3 orang.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengingatkan setiap masyarakat harus patuh Prokes COVID-19, karena melihat perkembangan kasus positif di Tanah Datar beberapa hari terakhir terus bertambah.

baca juga: Anggota DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Pemerintah Bagi 58 Kelompok Tani Dan 200 KK Di Solsel

Wabup menyebut banyak kasus COVID-19 diawali dari Orang Tanpa Gejala (OTG), karenanya selain waspada tentu hindari kerumunan dan janganlah keluar rumah jika tidak untuk keperluan yang penting, kalaupun harus keluar rumah maka disiplinlah menerapkan Prokes 3M.

Richi terus mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan , khususnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat beraktifitas. (*)

baca juga: UIN Imam Bonjol Juara Umum Pekan Kreativitas Mahasiswa 2021

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri