Tinjau Pos Penyekatan Batas Bengkulu di Silaut, Bupati Pessel Perintahkan Hal Ini

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar bersama rombongan saat meninjau Pos Penyekatan di Silaut
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar bersama rombongan saat meninjau Pos Penyekatan di Silaut (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar meninjau kesiapan dan pelaksanaan penyekatan arus mudik di Pos Jaga perbatasan provinsi, di Kecamatan Silaut, Kamis sore, 6 Mei 2021.

Dalam peninjauan, Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar mengatakan, secara umum untuk pelaksanaan kegiatan pos penyekatan yang merupakan penghubung antara Sumatera Barat dan Bengkulu tersebut sudah berjalan baik.

baca juga: Siswa di Pessel Terpaksa Nyebrang Sungai Karena Jembatan Rusak, Pemkab Harapkan Bantuan BNPB

Namun, berkaitan dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan oleh petugas, bupati meminta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesisir Selatan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

"Saya sudah perintahkan kepala dinas kesehatan segera mengkoordinasikan kepada dinas kesehatan provinsi, agar jelas apa saja tindakan yang mesti dilakukan (Pemkab)," terangnya.

baca juga: Pemilik Lupa Matikan Tungku, Satu Rumah di Pessel Ludes Terbakar

Lanjutnya, untuk memaksimal tenaga petugas, Pemkab Pessel mulai Jumat 7 Mei 2021 ini akan segera menambahkan jumlah personil di Pos Penyekatan antar provinsi tersebut.

Menurutnya, hal itu dilakukan dalam rangka memaksimalkan penyekatan arus mudik di perbatasan provinsi yang tepat berada di Kabupaten Pessel .

baca juga: Dinas Perternakan Pessel Turunkan Petugas Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Diketahui khusus di Sumatera Barat, Pemprov mendirikan sembilan pos penyekatan di beberapa batas provinsi. Diantaranya, dua pos di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu Pos batas Provinsi Jambi dan batas Provinsi Bengkulu.

Di masing-masing pos, selain petugas dari provinsi juga ada petugas dari kabupaten yaitu, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, masing masing dinas menempatkan satu orang personil di Pos.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri