Sampaikan SE Menag, Audy Joinaldy: Zona Merah dan Oranye Tak Boleh Gelar Salat Id Berjamaah

Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat menyerahkan bantuan di Masjid Jihad Payakumbuh
Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat menyerahkan bantuan di Masjid Jihad Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan . Sebab jika ada zona merah dan oranye, maka daerah tidak boleh menggelar salat Idulfitri berjamaah.

Hal itu disampaikannya saat safari Ramadan di Masjid Nurul Jihad di Kelurahan Padang Datar, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Kamis malam (6/5/2021).

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

"Zona merah dan oranye tidak bolehkah salad id sesuai arahan Kementerian Agama," ungkapnya.

Audy mengatakan baru menerima Surat Edaran Menteri Agama No. SE 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H / 2021 M di Saat Pandemi Covid-19. Untuk itu dia wanti - wanti agar tidak terjadi lonjakan kasus di provinsi tersebut.

baca juga: Hari Ini 25 Orang Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, DPRD Minta Warga Patuhi Prokes

"Kemarin 417 kasus positif, Sumbar posisi 4 dengan jumlah kasus terbanyak. Kami berharap kerja sama masyarakat agar tidak terjadi lonjakan sehingga kita bisa menjalankan salat Id bersama," katanya.

Audy meminta untuk anggota keluarga yang masih di rantau atau berjauhan tetap menjalin silaturahmi dengan memanfaatkan teknologi. "Bagi yang berjauhan Videocall saja dulu, tetap jalin silaturahmi virtual," ujarnya.

baca juga: Benarkan Ada Pemotongan Insentif Tenaga Medis Covid di Puskesmas

Peringatan yang sama juga disampaikan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. Dia meminta masyarakat terutama lansia bersedia divaksin.

"Saya berharap bapak ibuk mau divaksin dan selalu menggunakan masker. Tidak perlu takut divaksin, saya sendiri sudah dua kali suntik," ujarnya.

baca juga: 1,5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air

Diakhir kegiatan itu Wagub menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumbar kepada pengurus masjid Nurul Jihad Padang Datar, untuk pembangunan masjid senilai Rp20 juta ditambah dengan kain sarung sebanyak 100 helai.(*)

Editor: Joni Abdul Kasir