Salurkan Zakat, 65 Ton Beras Dibagikan di Padang Pariaman

Pemberian zakat
Pemberian zakat (Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Yayasan Al-Aziz menyalurkan 65 ton beras zakat mal kepada keluarga fakir dan miskin di Kabupaten Padang Pariaman , masing-masing keluarga menerima 20 kilogram beras yang diantarkan langsung ke rumah.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali bisa salurkan zakat mal dari donatur kepada masyarakat di Padang Pariaman , untum penyaluran kita ambil dua kategori dari hasnaf yang delapan yaitu fakir dan miskin," kata Ketua Yayasan Al-Aziz, Dedi Salim saat menyalurkan zakat kepada masyarakat di Nagari Kudu Gantiang Barat, Padang Pariaman , Jumat 7 Mei 2021.

baca juga: Simpan Daun Ganja Kering di Rumah, Pemuda di Tanah Datar Ditangkap Polisi

Dedi menyampaikan, penyaluran zakat mal ini dengan cara diantar langsung ke rumah masyarakat, dengan cara melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat untuk menemukan rumah warga fakir dan miskin. "Kita datang langsung, selain memudahkan masyarakat ini juga mengindari potensi kerumunan masyarakat," kata Dedi Salim.

Ia menyampaikan, untuk pendistribusian beras ini Yayasan Al Aziz membentuk tiga tim yang bergerak setiap hari menyalurkan zakat kepada masyarakat, satu tim rata-rata hanya bisa mrnyalurkan sekitar 1,5 ton per harinya.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

"Kita dari tim sudah lebih satu minggu bergerak menyalurkan zakat ini, pada masyarakat di Padang Pariaman ," katanya.

Anggota DPRD Padang Pariaman ini juga menyampaikan tahun ini adalah tahun keempat ia selaku pengurus yayasan menyerahkan zakat kepada masyarakat, dengan jumlahnya bertambah setiap tahun. "Dulu awalnya hanya di daerah kecamatan kampung dalam saja, dan sekarang kita sudah salurkan zalat seluruh Padang Pariaman pada umumnya," katanya.

baca juga: PASI Sumbar Optimis Raih Medali Emas di PON Papua

Ia berharap dengan disalurkan zakat mal dari Yayasan ini bisa meringankan beban masyarakat fakir dan miskin yang ada di Padang Pariaman menjelang hari raya idul fitri 1442 H. "Semoga ini bermanfaat dan bisa meringankan beban masyarakat apalagi di saat pandemi covid-19," katanya.

Sementara itu, salah seorang pemerima zakat warga Talau, Kudu Gantiang Batat, Yurniati (42) mengucapkan terimakasih kepada H. Arisal Aziz yang telah menyalurkan zakat kepada dirinya.

baca juga: Dinas Pertanian Kota Padang Prediksi Jumlah Hewan Kurban Akan Meningkat Pada Idul Adha

"Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Arisal Aziz, semoga rezki bapat bertamah dan usahanya diberi kelancaran," katanya usai menirima beras tersebut.

Rehasa

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani