International Commission Of Jurists Berikan Penghargaan pada Pengadilan Agama Pariaman Karena Hal Ini

Ketua pengadilan agama Pariaman
Ketua pengadilan agama Pariaman (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - International Commission of Jurists (Komisi Juri Internasional) Asia Pasifik, memberikan penghargaan kepada Pengadilan Agama (PA) Pariaman - Sumbar atas inovasi pelayanan yang mementingkan keadilan terhadap perempuan.

Perihal itu, Ketua Pengadilan Agama Pariaman , Dra. Lelita Dewi mengatakan, inovasi pelayanan yang diapresiasi oleh International Commission of Jurists (ICJ) itu adalah program Cermin Hati.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Siswa Di Solsel Dapat Seragam Gratis

"Cermin Hati ini adalah pelayanan yang bekerjasama dengan pihak Disdukcapil. Di saat pencari keadilan (warga) mengurus dan mendapatakan akta cerai maka secara langsung pula mendapatakan identitas baru seperti KTP dan KK," ungkap Lelita Dewi, Jumat 7 Mei 2021.

Jadi hubungan layanan Cermin Hati ini dengan dasar keadilan melihat pada kasus perceraian di mana perempuan yang banyak mengajukan cerai pada suami.

baca juga: Pemko Padang Bentuk Tim Satu Data

"Maka dari itu, untuk mempermudah pengurusan identitas kami buatlah Cermin Hati. Layanan ini efektif dan efisien bahkan di masa pandemi seperti sekarang, sangat dibutuhkan," sebut Lelita.

Atas dasar itulah ICJ Asia Pasifik memberikan penghargaan kepada pihak PA Pariaman , tepatnya saat memperingati hari perempuan nasional 2021.

baca juga: Ibadah Haji Tahun Ini Batal, Pemerintah Fokus untuk Haji Tahun Depan

Dikatakan lagi oleh Lelita, berdasarkan penilaian ICJ Asia Pasifik, pelayanan Cermin Hati merupakan program yang membuka akses terhadap keadilan bagi hak perempuan.

"Tambah lagi sekarang saat pandemi, layanan seperti ini dapat meringankan masyarakat selain hemat juga menghindari kerumunan," ulas Lelita.

baca juga: UIN Imam Bonjol Juara Umum Pekan Kreativitas Mahasiswa 2021

Untuk diketahui juga, tidak hanya layanan Cermin Hati, saat ini pihak Pengadilan Agama Pariaman tengah bersiap untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Rehasa

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani