Pessel Raih Opini WTP 7 Tahun Berturut-Turu

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menghadiri secara virtual penyampaian Opini WTP dari BPK RI Sumbar di Pessel
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menghadiri secara virtual penyampaian Opini WTP dari BPK RI Sumbar di Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat kembali meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Predikat ini sudah yang ketujuh kali, setelah enam tahun sebelumnya meraih predikat yang sama.

"Kami bersyukur, atas kerjasama seluruh elemen hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selalu mendapat opini WTP, termasuk tahun ini," ungkap Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar sela penyampaian Opini WTP 2021 dari Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi secara virtual, Jumat 7 Mei 2021.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Siswa Di Solsel Dapat Seragam Gratis

Penyampaian Opini WTP itu, selain dihadiri langsung Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, juga hadir Wakil Ketua DPRD Pessel Aprial Habas.

Selain itu, juga dihadiri Pj. Sekda Emirda Ziswati, Plh Kepala BPKD Intan Novia Fatma. Plt. Inspektorat Rusdiyanto, Asisten III Hamdi dan sejumlah pejabat OPD lainnya.

baca juga: Anggota DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Pemerintah Bagi 58 Kelompok Tani Dan 200 KK Di Solsel

Rusma Yul Anwar menginginkan, penghargaan tersebut menjadi komitmen seluruh jajaran dalam mengelola manajemen keuangan daerah . Bukan sekedar bangga dengan perhargaan, tapi harus mampu meningkatkan dengan nyata.

"Kita harus mengelola keuangan daerah secara transparan, akuntabel dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena kita harus benar-benar melaksanakan itu semua," terang nya.

baca juga: UIN Imam Bonjol Juara Umum Pekan Kreativitas Mahasiswa 2021

Kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Pessel , Aprial Habas mengaku bangga atas capaian yang diraih. Namun, kendati demikian, ia berharap pemerintah daerah tidak terlena, dan mesti bekerja makin giat lagi.

"Predikat WTP mesti dijadikan motivasi baik di jajaran eksekutif, maupun di legislatif. Selain bekerja lebih baik lagi, tapi juga paham aturan dan menjalankan aturan dengan selurus-lurusnya," ujar nya.

baca juga: Miris, Hanya Kerena Hal Ini Seorang Suami di Solsel Tega Suruh Istrinya Jual Diri dan Minta Rekaman

Sementara, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi menyampaikan, pemeriksaan laporan keuangan Pemda dilakukan untuk mengukur pengelolaan keuangan daerah secara baik.

Menurutnya, pada tahun ini Pessel kembali berhasilnya Pessel meraih WTP, setelah 6 tahun sebelumnya juga meraih predikat yang sama.

"Tujuan besarnya, bagaimana pelaksanaan anggaran dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian dengan pencapaian opini WTP menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah ,"terangnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri