Hari Ini 72 Orang Positif COVID-19 di Tanah Datar, 30 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Rutan Klas IIb Batusangkar menjadi klaster baru penyebaran COVID-19
Rutan Klas IIb Batusangkar menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -Kasus konfirmasi Positif COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar terus bertambah. Hari ini sebanyak 72 orang positif.

"Kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 72 orang, 2 orang pasien meninggal dunia, dan 10 orang pasien dinyatakan sembuh," ucap Kabid P2P Dinkes Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Minggu, 9 Mei 2021.

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Ia menjelaskan 72 warga yang terpapar virus Corona tersebut terdiri dari klaster Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIb Batusangkar sebanyak 25 orang warga binaan, 3 petugas, dan 2 orang hasil skrening, serta 42 orang lainnya warga Tanah Datar .

Sebanyak 10 warga yang sembuh COVID-19 tersebar di tujuh kecamatan yakni Limo Kaum 2 orang, Tanjung Emas 1 orang, Batipuh 1 orang, Lintau Buo Utara 2 orang, Lintau Buo 2 orang, Pariangan 1 orang, dan Sungai Tarab 1 orang.

baca juga: Hari Ini 25 Orang Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, DPRD Minta Warga Patuhi Prokes

Kemudian 2 orang pasien yang meninggal dunia adalah di RS Yarsi Padang Panjang, Perempuan, warga Kecamatan X Koto, dan di RS Ibnu Sina Payakumbuh, Perempuan, 58 tahun, warga Kecamatan Tanjung Baru.

Roza menyebut data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 16.00 Wib adalah sebanyak 1.682 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 1.346 orang, meninggal dunia 54 orang, dirawat di rumah sakit 39 orang, isolasi mamdiri 245 orang, suspek 22 orang, dan probable 3 orang.

baca juga: Benarkan Ada Pemotongan Insentif Tenaga Medis Covid di Puskesmas

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan pemkab masih melakukan lockdown terhadap Rutan Batusangkar, memisahkan sel antara napi yang positif dengan napi yang negatif, menggencarkan testing dan tracing.

Meski banyak kasus yang ditemukan, tidak masalah karena bisa diantisipasi lebih cepat. Hal Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus.

baca juga: Ini Jawaban Bupati Terkait Tanggapan DPRD Tanah Datar Atas Ranperda LKPj APBD 2020

Bupati terus mengingatkan setiap masyarakat harus patuh Prokes COVID-19, karena melihat perkembangan kasus positif di Tanah Datar beberapa hari terakhir terus bertambah.

"Seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat beraktifitas," tutur Eka. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera