UNP Terima Mahasiswa Baru TA 2021/2022 Melalui Jalur Mandiri

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Negeri Padang ( UNP ) kembali menerima mahasiswa baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022 untuk jalur mandiri dan prestasi. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website http://spmb.unp.ac.id/mandiri sejak 5 April hingga 18 Juni 2021, dengan uang pendaftaran sebesar Rp250.000,-.

Rektor UNP , Ganefri mengatakan, untuk tahun ini kampus tersebut menerima mahasiswa baru sebanyak 10.400 orang.

baca juga: Dirjen GTK Letakan Batu Pertama Pembangunan Kampus Psdku UNP di Kota Sawahlunto

"Jumlah ini merupakan jumlah rata-rata tiap tahunnya yang diterima di kampus. Untuk jalur S1 sebanyak 8200 orang, D3 1200 orang, dan jalur pascasarjana sebanyak 1000 orang," katanya saat konferensi pers di ruangan senat UNP , Senin, 10 Mei 2021.

Untuk tahun ini, UNP juga memiliki program studi baru, yakni program S3 Ilmu Kedokteran. "Dan penerimaannya juga akan dilakukan untuk Juli s/d Desember untuk program doktor. Paling banyak kita terima 12 s/d 15 orang karena kita punya keterbatasan promotor," katanya.

baca juga: 220 Peserta Ikuti Lomba MTQ-M UNP

Ganefri menuturkan, untuk Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebagai promotor utama karena SK nya baru keluar. "Khusus untuk olahraga, kita memiliki ilmu keolaragaan linear, mulai dari S1, S2, dan S3, sehingga berharap sport science ini bisa meningkatkan prestasi olahraga Sumbar dan nasional. Program S3 Ini satu-satunya di Sumatera dan hanya UNP yang baru mendapatkan izin," jelasnya.

Saat ini kampus tersebut juga berlangsung penerimaan siswa S3, termasuk untuk beasiswa dan dapat mandat dari LPDP.

baca juga: Rektor UNP Sebut Pengangkatan GTK Honorer Jadi ASN Sudah Sangat Mendesak

Selain itu, peluang bagi hafidz quran mulai dari 10 juz hingga 30 juz serta prestasi olahraga ketika SLTA. "Ini kita berikan karna mereka berkontribusi daerah yang membawa nama daerah dan negara. Ini penerimaannya melalui jalur prestasi dengan seleksi mandiri oleh UNP sendiri," jelasnya.

Selain itu, Program diploma juga dibuka di Sawahlunto,yakni Teknik Otomotif dan D3 Pertambangan. Sedangkan untuk daerah Pesisir Selatan (Painan), program studi yang dibuka yakni Teknik mesin dan Teknik otomotif. Sementara untuk Padang Pariaman, program studi yang dibuka yakni Keperawatan.

baca juga: FMIPA UNP Lakukan Penandatanganan MoA dengan BPS Sumbar

Sedangkan program D3 lainnya yang dibuka di Padang, yakni Informai perpustakaan dan Kearsipan, Teknik Sipil, Teknik Otomotif, Akuntansi, Manajemen perdagangan, AKuntansi, Manjemen pajak, tata boga konsentrasi kuliner minang (kerjasama UNP dengan Pemerintah Kota Payakumbuh, tata busana, dll.

Ganefri menjelaskan pengembangan kampus UNP di daerah untuk mendekatkan dengan masyarakat. "Pengembangan Teknik Otomotif di Sawahlunto konsentrasi alat-alat berat dan umumnya lulusan-lulusan ini terserap di lapangan," jelasnya.

Saat ini, UNP memiliki 106 program studi yang tersebar di 8 fakultas dan 40 jurusan serta program pasca sarjana. Untuk Prodi S1 ada 54 prodi, D4 ada 4 prodi, D3 ada 16 prodi, dan selebihnya pascasarjana. Sedangkan untuk program S2 ada 23 program studi dan S3 sebanyak 10 program studi (izin yang keluar 9).

Diakui Ganefri, untuk jurusan favorit masyarakat masih PGSD dan manajemen serta akuntansi. Hal ini terlihat dari banyaknya peminat yang mendaftar melalui jalur undangan dan SBMPTN.

Editor: Fitria Marlina