Kuliah di Unand, Hikmah Bagi Para Penghafal Alquran

Kampus Unand
Kampus Unand (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Para penghafal Alquran (hafiz) beruntung sekali, mereka dapat kuliah di Universitas Andalas jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Unggul (SMBPU).

Penjaringan terhadap calon peserta hafiz merupakan salah satu penelusuran prestasi bidang penalaran lainnya di bidang keagamaan. Penjaringan hafiz bagi yang beragama Islam wajib dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

baca juga: Gubernur Mahyeldi Ajak Fateta Unand Berperan Majukan Pertanian Sumbar

Peserta yang diterima pada jalur SMBPU karena tidak dibebankan uang Pengembangan Institusi (PI), hanya membayar SPP menurut level UKT sesuai kemampuan ekonomi orang tua.

Persyaratan umum yaitu lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun terakhir yang sudah mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Persyaratan khusus yaitu: 1) nilai rapor semester X dan XII yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; 2) memiliki prestasi serendah-rendahnya peringkat/juara III dalam bidang bakat, minat dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional, nasional, atau provinsi.

baca juga: Wisuda Unand, Rektor: Lulusan Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan, Jangan Fokus Jadi ASN

Pendaftaran peserta dilayani secara online melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unand pada laman https://pmb.unand.ac.id/. Dokumen yang harus diupload berupa: 1) fotokopi ijazah atau SKL dalam 3 (tiga) tahun terakhir yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; 2) fotokopi nilai rapor kelas X -- XII yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; dan 3) fotokopi sertifikat Hafiz 10 (sepuluh) juz yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.

Khusus nilai rapor yang diinputkan saat pendaftaran adalah untuk kelompok saintek: Matematika wajib, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi; kelompok soshum: Matematika wajib, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, geografi, ekonomi dan sosiologi. Khusus bagi siswa SMK atau pada jurusan lain yang tidak memiliki mata pelajaran tersebut, cukup menginputkan nilai Matematika wajib, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saja.

baca juga: Unand Akan Bangun Rusunawa untuk ASN

Setiap peserta dapat memilih 2 (dua) Program Studi baik pada kelompok Saintek atau Soshum, atau campuran 2 (dua) Program Studi Saintek dan Soshum. Lulusan IPA dapat memilih kelompok Saintek dan/atau Soshum, sedangkan lulusan IPS/Bahasa/Keagamaan hanya dapat memilih kelompok Soshum.

Kemudian untuk diketahui, pendaftaran peserta dan pembayaran registrasi 7 hingga 18 Juni 2021. Sedangkan verifikasi dokumen dan penilaian dari 21 sampai 30 Juni dan pengumuman kelulusan pada 9 Juli 2021. Selanjutnya, registrasi mahasiswa baru dan pembayaran SPP

baca juga: Kerja Sama dengan Unand, Ini yang Ingin Dicapai Pemprov Sumbar

12 sampai 23 Juli 2021. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir