Nekat Lewati Sungai, 4 Pemudik dari Riau Hanyut di Kapur IX

Basarnas 50 Kota saat bersiap menuju lokasi hanyutnya 4 pemudik dari Riau.
Basarnas 50 Kota saat bersiap menuju lokasi hanyutnya 4 pemudik dari Riau. (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Empat pemudik dari Riau nekat pulang kampung dan lewati sungai Batang Kapur, Taluak Subanio, Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu 12 Mei 2021. Akibatnya, perahu yang ditumpangi pemudik ini terbalik dan 3 orang pemudik dilaporkan hilang.

Koordinator Pos SAR Basarnas 50 Kota Robi Saputra mengatakan menurut informasi 4 orang ini rencana mau mudik pulang kampung dari Riau ke Sumbar. Tapi dikarenakan jalur darat dilakukan penyekatan maka pemudik ini berinisiatif melalui jalur sungai dari Riau yang nantinya akan keluar di Kapur IX dengan menggunakan perahu.

baca juga: Siapkan Kafilah pada 12 Cabang Lomba MTQ Tingkat Provinsi, Ini Langkah LPTQ Lima Puluh Kota

"Namun naas di tengah sungai menuju Kapur IX perahu yang mereka bawa terbalik dan hanyut . Satu orang berhasil selamat dan ia melaporkan kejadiaan ini ke damkar Kapur IX," ujar Robi Saputra.

Kemudian pemilik perahu yang merupakan warga sekitar juga dilaporkan selamat. Lebih lanjut, Robi menjelaskan bahwa tiga pemudik yang hanyut dan hilang tersebut adalah Novi Arismen (31 tahun), Fadil Irsandi (21 tahun), dan satu orang belum diketahui identitasnya.

baca juga: Tujuh Anggota Bamus Nagari Batu Balang Dilantik

"Menurut informasi di lapangan, mereka dari Duri dan ingin pulang kampung ke Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Payakumbuh. Sedangkan yang selamat adalah Rahman Rahim (21 tahun) yang juga dari Duri hendak ke Aur Kuning," ujarnya.

Saat ini petugas Pos SAR Basarnas 50 Kota bersama pihak terkait tengah melakukan pencarian. Ia berharap ketiga pemudik yang hilang ini dapat ditemukan segera dan selamat.

baca juga: Bupati Safaruddin Lantik 116 ASN Pemkab Lima Puluh Kota

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera