Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Terlihat antusias anak-anak pengajian di Jorong Kapan Selatan, Nagari Kapa takbiran sambil mengarak obor
Terlihat antusias anak-anak pengajian di Jorong Kapan Selatan, Nagari Kapa takbiran sambil mengarak obor (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Masyarakat di Nagari Kapan, Kecamatan Luhak Nanti Duo Pasaman Barat mengarak obor sambil mendengungkan takbir tanda datang nya 1 Syawal 1442 H pada Rabu (12/5/2021) malam.

Menurut seorang warga bernama Isuik, mengarak obor di sepanjang jalan di Jorong (Desa) Kapa Selatan sudah menjadi tradisi dalam menyambut datangnya 1 Syawal 1442 H.

baca juga: Peduli Lingkungan, Pemuda Maligi Bebaskan Sungai dari Sampah Plastik

"Kami mengarak obor bersama anak pengajian dengan jalan kaki sejauh 3 kilometer. Hal ini sudah berlangsung lima tahun terakhir ini," sebutnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia mengatakan awal nya ini dicetuskan oleh beberapa pemuda yang ingin menyemarakkan akhir puasa dengan keramaian di kampung tersebut.

baca juga: Rehabilitasi Terumbu Karang, Seribu Miniatur Rumah Gadang Bakal di Tanam di Laut Pasbar

"Kita menyadari sejak ada nya COVID-19 ini tidak bisa melibatkan orang banyak. Meski demikian kita tetap patuh terhadap protokol kesehatan," katanya.

Alunan merdu takbir juga menggema dari berbagai masjid maupun musala di sepanjang perkampungan yang dilewati. Suara takbir dikumandangkan anak-anak maupun orang dewasa.

baca juga: Partai Ummat Minta Pemda Pasbar Jangan Bertumpu Pada APBD Semata, Ini Alasannya

"Kami ingin malam takbiran lebih bermakna dan lebih khidmat. Kita berharap takbir dengan mengarak obor ini membuat anak-anak bisa merasakan indah nya setelah berpuasa," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi