Indonesia Bantu Penanganan Pandemi COVID-19 di India, Ini Kata Dubes Manoj Kumar Bhakti

Pelepasan Bantuan Hibah Pemerintah RI kepada India untuk Penanganan Pandemi COVID-19, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
Pelepasan Bantuan Hibah Pemerintah RI kepada India untuk Penanganan Pandemi COVID-19, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (BPMI Setpres/Rusman)

KLIKPOSITIF - Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bhakti menyampaikan apresiasi atas bantuan hibah Pemerintah RI kepada India untuk penanganan pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pelepasan pengiriman bantuan berupa 200 unitoxygen concentrators, Rabu (12/05/2021) siang, di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. Sementara dari Pemerintah Indonesia hadir Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

baca juga: Dukung Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Gandeng UI dan UPH

"Saya ingin berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan tepat waktu yang diberikan kepada India , yang saat ini berjuang melawan pandemi ini. Penghargaan juga saya sampai atas koordinasi tepat waktu yang dilakukan oleh semua kementerian, terutama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Kesehatan," ujar Dubes India .

Bantuan tersebut, imbuhnya, akan diterima oleh Palang Merah India di New Delhi, besok, Kamis (13/05/2021) waktu setempat.

baca juga: Ketika Shin Tae Yong Berbicara Tentang Vietnam dan Park Hang-seo

Dalam pernyataannya, Manoj juga menyampaikan keyakinannya bahwa pandemi ini akan dapat segera diatasi secara bersama-sama.

"Saya yakin bahwa bersama-sama pandemi ini dapat diatasi lebih cepat. Seperti yang dikatakan Menlu RI, selama ada satu negara yang terkena COVID-19, tidak ada negara lain yang aman di dunia yang saat ini sangat terhubung," ujarnya.

baca juga: Kelelawar Bikin Gaduh dan Memaksa Pesawat Putar Balik, Apa yang Terjadi?

Lebih lanjut, Dubes India menyampaikan bahwa negaranya saat ini menghadapi beban berat dari gelombang kedua COVID-19 yang memberikan tekanan serius terhadap fasilitas kesehatan serta mengakibatkan kekurangan peralatan medis khususnya oksigen, dan juga obat-obatan.

Ini jauh berbeda dengan masa sebelum adanya gelombang kedua, di mana India mampu memberikan berbagai bantuan obat-obatan dan vaksin COVID-19 kepada negara lain.

baca juga: Cerita Anwar Abbas Saat Berada di Iran, Umat Islam dari Indonesia Disebut Akan Pimpin Dunia

"Pada 20 Maret 2021, India telah memasok 60,4 juta dosis vaksin ke 76 negara dengan berbagai skema. India telah memasok vaksin ke negara-negara di Asia Selatan, Afrika, Amerika Selatan, dan Karibia," ujarnya.

Bahkan, imbuhnya, India bermaksud mengirimkan vaksin ke Asia Tenggara dan negara-negara Pasifik ketika gelombang kedua mulai melanda negara tersebut.

Namun sekarang, ujar Manoj, India tengah berjuang melawan gelombang kedua kasus COVID-19. Sehingga bantuan kemanusiaan pun dikirimkan oleh negara-negara sahabat dari seluruh dunia, antara lain berupaoxygen concentrators, respirator, dan oksigen cair.

"Salah satu negara sahabat tersebut adalah Indonesia , tetangga maritim terdekat kita. Dua hari yang lalu, Pemerintah Indonesia juga mengirimkan bantuan 1.400 tabungoxygen cylinders," pungkas Dubes India .

Editor: Haswandi