Masih Belum Ditemukan, Pencarian Pemudik Hanyut di 50 Kota Libatkan SAR Pekanbaru

Koordinator SAR Basarnas 50 Kota Robi Saputra bersama tim
Koordinator SAR Basarnas 50 Kota Robi Saputra bersama tim (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Proses pencarian 3 pemudik yang masih hilang karena hanyut saat nekat mudik lewat sungai masih terus dilakukan, Kamis 13 Mei 2021. Sebelumnya, Tim SAR dan Basarnas 50 Kota telah melakukan pencarian hingga tengah malam sejak perahu yang ditumpanginya dilaporkan terbalik di sungai Batang Kapur, Taluak Subanio, Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu 12 Mei 2021 kemarin.

Koordinator Pos SAR Basarnas 50 Kota Robi Saputra mengatakan pencarian di hari kedua saat ini masih terus dilakukan. Pencarian dilakukan menggunakan dua unit segol atau perahu kayu bermesin.

baca juga: Siapkan Kafilah pada 12 Cabang Lomba MTQ Tingkat Provinsi, Ini Langkah LPTQ Lima Puluh Kota

"Sementara masih nihil dan cuaca mulai cerah dengan arus sungai kuat," kata Robi saat melaporkan via WhatsApp, Kamis 13 Mei 2021.

Ia menjelaskan saat ini pencarian juga melibatkan SAR Pekanbaru. Kemudian juga diikuti oleh Damkar 50 Kota , Polsek Kapur IX, RAPI dan ORARI, PMI Kabupaten Lima Puluh Kota , perangkat Kecamatan dan Nagari Kapur IX serta puskesmas dan masyarakat.

baca juga: Tujuh Anggota Bamus Nagari Batu Balang Dilantik

Sebelumnya, diberitakan bahwa 4 pemudik nekat menggunakan jalur sungai dengan menumpang atau menyewa sampan milik warga agar bisa pulang kampung ke Sumbar. Namun naas, sampan bermuatan enam orang ini terbalik dan membuat 4 penumpang dan 2 pemilik sampan jatuh dalam sungai.

Dilaporkan 3 orang selamat yaitu pemilik sampan 2 orang dan satu orang pemudik atas nama Rahman Rahim (21 tahun). Ia merupakan warga Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

baca juga: Bupati Safaruddin Lantik 116 ASN Pemkab Lima Puluh Kota

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi