Libur Lebaran, Puskesmas di Padang Sepi

Ruang tunggu Puskesmas Andalas sepi
Ruang tunggu Puskesmas Andalas sepi (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kunjungan pasien di beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Padang berkurang drastis selama libur lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Koordinator Pelayanan Puskesmas Andalas, Ikra Alfata Azra mengatakan bahwa tingkat kunjungan masyarakat sangat jauh berkurang selama libur lebaran .

baca juga: Dinas Pertanahan Kota Padang Akan Data Ulang Aset Pemko

"Sejak H+1 lebaran , tingkat kunjungan ke Puskesmas ini sangat jauh berkurang. Hanya sekitar 30 persen kunjungan dibanding hari biasanya," katanya saat diwawancarai, Sabtu 15 Mei 2021.

Menurutnya, dalam sehari pihaknya hanya melayani sebanyak 30 orang pasien saja pada H+2 kemarin dan itu merupakan pelayanan paling sedikit di Puskesmas tersebut.

baca juga: Layanan Online Disdukcapil Kota Padang Kembali Dibuka

"Pada hari biasanya, paling sedikit kami melayani sebanyak 150 pasien, ini merupakan rekor terendah masyarakat yang datang ke Puskesmas ini," lanjutnya.

Hal yang sama juga terjadi di Puskesmas Padang Pasir yang menyatakan pengurangan kunjungan ke Puskesmas sebanyak 50 persen.

baca juga: SD dan SMP Sederajat di Pariaman Kumpulkan Dana untuk Warga Palestina

"Selama libur lebaran ini masyarakat yang datang ke Puskesmas berkurang sekitar 50 persen dibanding hari biasanya," kata Kepala Puskesmas Padang Pasir, Winanda.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang mudik lokal ke Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

baca juga: Benarkan Ada Pemotongan Insentif Tenaga Medis Covid di Puskesmas

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani