Tempat Wisata Langgar Prokes, Satgas Covid: Tutup, Jangan Dibiarkan

Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo
Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo (Net)

KLIKPOSITIF -Jika ada tempatwisatamelanggar protokol kesehatan, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta kepolisian melakukan penutupan.

Hal tersebut bertujuan menghindari peningkatan kasus Covid-19, sekaligus mencegah potensi terjadi klaster baru.

baca juga: Transaksi dengan Uang Kripto Halal Atau Haram? DSN-MUI Jelaskan Kriteria Mata Uang Menurut Islam

Salah satu hal yang tak boleh dilanggar tempat wisata ialah jumlah pengunjung tak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas.

"Jangan sampai dibiarkan aktivitas publik di tempat wisata melampaui 50 persen. Sekali lagi kami harapkan seluruh satgas daerah terutama unsur Polda harus berani mengambil keputusan melakukan langkah-langkah penertiban, bahkan bila perlu apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja," ungkapnya, ditulis Minggu (16/5/2021).

baca juga: Corona Kembali Meningkat, Kemenag Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Rumah Ibadah

Doni meminta para pengelola tempat wisata untuk bekerjasama dengan pemerintah mematuhi aturan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh komponen masyakarat juga dibutuhkan untuk mengingatkan protokol kesehatan.

"Bicara yang terbuka kepada pengelola dan kita harapkan pengelola-pengelola pariwisata pun bisa bekerja sama. Karena kalau kasus aktif meningkat otomatis semuanya akan mundur lagi," ujar dia.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

"Kepedulian daerah untuk menaati semua peraturan atau kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat ini betul-betul kami harapkan bisa terlaksana. Dan juga bantuan dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat untuk setiap saat, setiap hari mengingatkan tentang mematuhi protokol kesehatan,"

Dia menambahkan, dengan saling mengingatkan dapat mengurangi risiko dan mampu mengendalikan pandemi covid-19. Karena harapannya, covid-19 bisa dikendalikan dan tertangani dengan baik.

baca juga: Indonesia Terpilih sebagai Anggota Reguler GB ILO 2021-2024

"Kalau ini baik sampai dengan Juni ini berjalan terus sampai dengan bulan Agustus pertengahan mungkin bisa menjadi Hadiah atau kado ulang tahun bagi perayaan kemerdekaan bangsa kita," tuturnya.

Editor: Eko Fajri