Warga Sungai Patai Tanah Datar Bangun Masjid Secara Gotong Rotong, Gubernur: Contoh Bagi Daerah Lain di Sumbar

Masjid Ihsan Sungai Patai dibangun secara gotong royong oleh masyarakat
Masjid Ihsan Sungai Patai dibangun secara gotong royong oleh masyarakat (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Warga Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar , membangun Masjid Ihsan senilai Rp7 miliar secara gotong royong mendapat pujian dan apresiasi dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharulah.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Nagari Sungai Patai yang mendukung pembangunan Masjid Ihsan secara gotong royong," ucap Mahyeldi saat peresmian masjid tersebut di Nagari Sungai Patai, Senin 17 Mei 2021.

baca juga: Anggota DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Pemerintah Bagi 58 Kelompok Tani Dan 200 KK Di Solsel

Gubernur berharap tradisi gotong royong yang sudah menjadi kearifan lokal Nagari Sungai Patai ini harus terus dipertahankan atau bahkan diviralkan sehingga bisa menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lainnya di Sumatera Barat.

"Mari kita ramaikan dan semarakkan masjid dengan kegiatan keagamaan, sehingga masyarakat kita terutama generasi muda menjadi generasi tangguh yang berguna bagi bangsa dan negara," tutur Mahyeldi.

baca juga: UIN Imam Bonjol Juara Umum Pekan Kreativitas Mahasiswa 2021

Hal senada juga disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dimana atas nama pemkab mengapresiasi semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan masjid megah di Nagari Sungai Patai.

"Proses pembangunan Masjid Ihsan secara gotong royong ini bisa menjadi rujukan bagi nagari lain di Tanah Datar ataupun di Sumatera Barat," tutur Eka.

baca juga: Seleksi Tahap Kedua, Bima Sakti Uji Kemampuan 40 Pemain Untuk Timnas U-16

Wali Nagari Sungai Patai Irfan Zainora menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar H Amran Sutan Sidi Sulaiman yang telah menjadi donatur utama dan masyarakat nagari sehingga memiliki masjid megah ini.

"Sampai saat ini, kami masyarakat Sungai Patai masih menjunjung tinggi nilai kebersamaan, sehingga dalam membangun masjid ini dapat secara gotong royong, bahu membahu mengangkut batu, pasir ataupun lainnya untuk kelancaran pembangunan masjid ini," tutur Irfan.

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Kemudian, Fadly Amran sebagai perwakilan keluarga besar H Amran Sutan Sidi Sulaiman menyampaikan harapannya agar masjid yang telah selesai dibangun dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga apa yang telah dibangun ini mampu meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, terutama dalam memakmurkan masjid ini," tutur Walikota Padang Panjang ini. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri