Gubernur Sumbar Kecam Israel: Minta Pemerintah RI Tunjukkan Sikap Tegas

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengecam keras pelanggaran- pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap Palestina .

Sebagai wujud kepedulian pada rakyat Palestina , Pemerintah Provinsi Sumbar meminta pada Pemerintah Republik Indonesia untuk ikut memberikan tindakan tegas pada israel karena dinilai telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa.

baca juga: UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Bantuan untuk Palestina

"Hari ini, saya sebagai Gubernur Sumatera Barat meminta kepada pemerintah pusat memberikan tekanan pada israel karena saat ini israel sudah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan juga pelanggaran kemerdekaan suatu bangsa. Apalagi kita bangsa Indonesia adalah bangsa yang mendukung kemerdekaan terbukti Presiden RI juga ikut mendukung kemerdekaan Palestina ," kata Buya Mahyeldi, di Kantor Gubernur Sumbar , Senin (17/5/2021).

Tidak itu saja, Mahyeldi juga meminta Pemerintah RI melakukan langkah kongkrit dengan mengirimkan bantuan kepada Palestina atas dasar HAM dan menghargai kemerdekaan suatu bangsa.

baca juga: SD dan SMP Sederajat di Pariaman Kumpulkan Dana untuk Warga Palestina

Ditambahkan Buya, Indonesia sudah seharusnya memberikan dukungan atas Palestina . Kedua negara ini memiliki hubungan yang sangat erat sejak dahulu, dimana Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang menyandang Provinsi Dermawan, ini juga akan menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui pengumpulan donasi dan dana zakat.

baca juga: Gubernur Mahyeldi Ajak Fateta Unand Berperan Majukan Pertanian Sumbar

"Insyaallah nanti kita akan bantu saudara- saudara kita yang ada disana. Ada dana zakat yang bisa kita kirim, seperti dulu pada Maret 2020 kita juga mengirimkan bantuan mobil ambulan. Mungkin juga kita akan kirim rendang seperti di NTT yang lalu. Mudah-mudahan juga akan banyak daerah-daerah lain yang peduli," tutur Mahyeldi. (Dinas Kominfo Sumbar)

Editor: Joni Abdul Kasir