Selama Lebaran, Pengguna Data Internet Meningkat Hingga 49 Persen

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Penggunaan layanan data internet di Indonesia meningkat selama masa libur lebaran.Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan peningkatannya mencapai angka 49 persen dari tahun sebelumnya.

"Terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49 persen lebih besar dibandingkan lebaran tahun lalu," kata Plate dalam keterangannya resminya.

baca juga: Pandemi Masih Berlanjut, Kemenag Siapkan Rp 479 Miliar untuk Paket Internet

Plate menilai, peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pemanfaatan ruang digital. Khususnya sebagai medium untuk bersilaturahmi di tengah keterbatasan di masa pandemi Covid-19. Berkenaan dengan itu, Plate juga mengklaim layanan internet selama masa libur lebaran berjalan lancar. Sebab, kata dia, operator seluler telah mempersiapkannya.

"Rekan-rekan dari operator selular memahami betul bagaimana peningkatan trafik. Persiapan untuk memungkinkan masyarakat Indonesia itu bisa bersilaturahmi dan berlebaran secara digital kali ini itu dilakukan dengan baik," katanya.

baca juga: Bantu Mahasiswa Bayar UKT, Menkeu Anggarkan Rp 745,2 Miliar

Namun, Plate tak memungkiri adanya kendala layanan internet di wilayah Papua. Menurutnya, kendala tersebut disebabkan putusnya kabel optik bawah laut di Utara Jayapura yang kekinian tengah dalam tahap pemulihan.

"Kita sama-sama ketahui bahwa kendala penanganan kabel optik bawah laut yang putus di utara Jayapura di kedalaman 4000 meter dengan tekanan 400 bar lebih tentu tidak mungkin dilakukan secara manual karenanya dibutuhkan alat khusus untuk mengangkat dan melakukan penyambungannya kembali," pungkasnya.

baca juga: Pemerintah Tambah Insentif Pajak untuk Pedagang Eceran

Editor: Ramadhani