Presiden AS Janji Bantu Bangun Palestina, Tapi Keamaan Israel Tetap yang Utama

Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden (net)

KLIKPOSITIF - Presiden Amerika Serikat mengatakan Joe Biden bakal membantu membangun kembali Gaza setelah hancur karena serangan Israel selama 11 hari.

Dilansir dari Channel News Asia,Biden mengatakan jika menciptakan negara Palestina bersama Israel adalah "satu-satunya jawaban" untuk konflik tersebut. Biden juga mengungkapkan jika dia telah mengatakan kepada Israel untuk menghentikan "pertempuran antarkomune" di kota Yerusalem.

baca juga: Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik antara Indonesia dan Swiss Resmi Berlaku

Namun Joe Biden juga menekankan jika dia tidak merubah komitmennya untuk menjaga keamanan Israel dan menegaskan "tidak akan ada perdamaian" sampai kawasan itu "dengan tegas" mengakui keberadaan Israel . "Tidak ada pergeseran komitmen saya terhadap keamanan Israel , titik, tidak ada pergeseran, tidak ada sama sekali," katanya.

"Tapi saya beri tahu ada pergeseran apa. Pergeserannya adalah kita masih membutuhkan solusi dua negara. Itu satu-satunya jawaban, satu-satunya jawaban," kata Biden.

baca juga: Bank Dunia Isyaratkan Perubahan Iklim Bisa Paksa Ratusan Juta Orang Bermigrasi dalam 30 Tahun Kedepan

Gagasan solusi dua negara menjadi landasan diplomasi internasional selama beberapa dekade dengan tujuan untuk mengakhiri konflik Israel - Palestina . Solusi dua negara tersebut ialah Palestina berdaulat di samping Israel dan Yerusalem sebagai ibu kota bersama kedua negara itu.

Rencana perdamaian Timur Tengah yang dirancang oleh penasihat dan menantu Trump, Jared Kushner, dianggap menyediakan solusi dua negara. Tapi cetak biru dari rencana tersebut memberikan gambaran jika Palestina memiliki kedaulatan terbatas dan Israel menjaga keamanan atas negara itu. Rencana itu ditolak mentah-mentah oleh para pemimpin Palestina .

baca juga: Derita Kerugian Puluhan Triliun Rupiah, Ford Hentikan Produksi di India

Editor: Ramadhani