Mengaku Tak Ingin Maju Jadi Capres, Menteri Risma: Tak Punya Duit

Menteri Risma
Menteri Risma (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengaku tidak ingin mencalonkan diri sebagai presiden.

"Enggak, enggak, enggak, aku gak kepikir," ujar Risma di Kompleks Parlemen DPR, Senin (24/5/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Menkeu: Selain Pandemi, APBN Juga Difokuskan untuk Hadapi Perubahan Iklim

Pernyataan itu disampaikan Risma guna merespons soalnamanya yang kerap masuk bursa Pilpres 2024 berdasarkan sejumlah hasil survei. Bukan hanya tidak memikirkan pencalonan sebagai presiden, Risma bahkan mengaku tidak ada keinginan dari dirinya ikut dalam kontestasi Pilpres.

Terlepas dari tidak adanya keinginan, hal yang juga mendasari Risma tidak nyapres ialah karena Risma mengaku tidak memiliki uang. "Aku enggak punya duit dan aku gak kepingin," kata Risma.

Lembaga survei Surabaya Survei Center (SSC) menggelar survei khusus kepada kalangan milenial di Jawa Timur tentang sosok calon presiden yang akan bertarung di Pilpres 2024. Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini masuk dalam bursa Capres 2024 sebagai calon favorit millenial Jawa Timur.

baca juga: Bantu Penanganan Pandemi, Kemenag Realokasi Hampir Rp2 Triliun Anggaran pada 2021

Hal itu menjadi diantara hasil survei yang dilakukan lembaga Surabaya Survei Center (SSC) tentang bertajuk 'Gelagat Politik Millenial Jawa Timur', Senin (12/4/2021). Dalam urutan top of mind yang dirilis SSC, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan satu op of mind presiden pilihan millenial dengan presentase sebesar 8,9 persen. Kemudian disusul nama Risma dengan 7,8 persen lalu nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan presentase 5 persen.

Namun, pada survei elektabilitas atau keterpilihan tokoh, justru Risma yang lebih banyak dipilih dengan jumlah 15 persen, Prabowo 10,8 persen, dan Ganjar Pranowo 9,9 persen. Selain namanya masuk sebagai kandidat dalam survei capres , nama Risma juga masuk dalam bursa Calon Gubernur Jatim. Berdasarkan presentase, nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa masih menempati urutan pertama dengan angka 16,2 persen.

baca juga: Greysia-Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo, Muhaimin: Perjuangan yang Hebat

Risma menempati urutan kedua dengan presentase 15,5 persen, disusul Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dengan presentase 5,2 persen. Ketiganya berada di urutan atas untuk top of mind Gubernur Jatim pilihan millenial

baca juga: Wagub Sumbar: Pelaksanaan PPKM Belum Maksimal

Editor: Ramadhani