Ditahan Sejak Kudeta Militer, Aung San Suu Kyi Muncul Perdana di Sidang

Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi (net)

KLIKPOSITIF - Aung San Suu Kyi muncul untuk pertama kaliya sejak ditahan oleh militer Myanmar yang melakukan kudeta. Suu Kyi muncul menghadiri sidangnya secara langsung pada Senin (24/5/2021).

Ini merupakan kemunculan Suu Kyi untuk pertama kali sejak ditahan empat bulan lalu di Naypyitaw. "NLD (Liga Nasional untuk Demokrasi) didirikan untuk rakyat dan akan tetap ada selama orang-orang tersebut di sana," kata Suu Kyi selama pertemuan setengah jam dengan tim pengacara sebelum sidang di kompleks Dewan Naypyidaw dilansir media lokal Myanmar Now.

Militer Myanmar melakukan kudeta pada 1 Februari dengan menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. Suu Kyi menghadapi sejumlah dakwaan dari memiliki radio walkie-talkie secara ilegal hingga melanggar undang-undang rahasia resmi negara.

Merespons kudeta, masyarakat Myanmar melakukan demonstrasi untuk memprotes rezim militer. Hingga Minggu (23/5/2021), Asosiasi Pendamping untuk Tahanan Politik (AAPP) melaporkan, pasukan junta telah menewaskan 818 orang sejak kudeta militer. (Sumber: Anadolu)

Baca Juga

Editor: Ramadhani