Wabup Solok : Aktivitas Tambang Salah Satu Pemicu Longsor di Air Dingin

Wakil Bupati Solok, Jon Pandu bersama Wagub Sumbar meninjau lokasi longsor di Air Dingin Solok
Wakil Bupati Solok, Jon Pandu bersama Wagub Sumbar meninjau lokasi longsor di Air Dingin Solok (Ist)

Solok , Klikpositif - Bencana longsor yang kerap terjadi di kawasan Air Dingin, Kabupaten Solok dipicu berbagai faktor, salah satunya akibat aktivitas tambang batuan.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Solok , Jon Firman Pandu saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldi dan komisi IV DPRD Sumbar, Selasa (25/5/2021).

baca juga: Pramuka Diminta Fokus Sukseskan Vaksinasi dan Lawan Hoaks

"Lokasi Longsor yang sering terjadi dijalan nasional Lubuak Selasih - Surian (tepatnya di Nagari Aia dingin) salah satu penyebabnya adalah adanya kegiatan penambangan batuan," papar Wabup.

Dikatakannya, longsor yang sering terjadi di jalan nasional Lubuk selasih - Surian mengakibatkan akses dan perekonomian masyarakat sekitar menjadi terganggu.

baca juga: Sumbar Butuh SDI agar Semua Program Tepat Sasaran

"Ini jadi catatan penting bagi pemerintah Kabupaten Solok untuk dicarikan solusinya, dan tentu perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Sumbar," katanya.

Persoalan itu, ulasnya, harus segera dicarikan solusinya termasuk meninjau kembali izin tambang dan mencari jalan alternatif.

baca juga: Wagub Sumbar Sebut Belanja Pegawai Akan Naik 2,83 Persen

Menindaklanjuti kunjungan kerja itu, Pemerintah Provinsi Sumbar akan membahas kondisi tersebut dengan melibatkan dinas terkait di Kabupaten Solok , investor tambang dan pihak terkait lainnya.

Editor: Syafriadi