Langgar Protokol Kesehatan, 35 Warga Padang Ditindak Tim Gabungan Penegakan Perda

Petugas Satpol PP Padang menghentikan pengendara yang tidak menggunakan masker.
Petugas Satpol PP Padang menghentikan pengendara yang tidak menggunakan masker. (rmd)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 35 orang masyarakat Kota Padang kembali ditertibkan tim gabungan penegakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 06 tahun 2020 pada Kamis 27 Mei 2021.

35 orang tersebut ditindak karena tidak menjalankan Protokol Kesehatan ( Prokes ) yang menjadi kewajiban masyarakat sejak pandemi Covid-19 pada tahun lalu.

baca juga: Pemprov Minta Tambahan Obat, Ventilator dan Vaksin ke Pemerintah Pusat

"Untuk operasi yustisi hari ini, kami dan kepolisian mendapati sebanyak 35 orang masyarakat tidak menggunakan masker," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Alfiadi.

Ia mengatakan, dari 35 orang tersebut, 15 orang diantaranya menyatakan diri untuk membayar denda yang ditetapkam dalam Perda tersebut.

baca juga: Tumbang Lawan Chen Long di Olimpiade, Peluang Anthony Ginting Raih Emas Sirna

"20 orang lainnya menyatakan tidak mampu membayar denda dan kami serahkan ke Polsek Padang Timur untuk ditindak," lanjutnya.

Tindakan yang diberikan untuk 20 orang pelanggar prokes tersebut berupa sanksi sosial seperti yang telah diatur dalam Perda 06 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan .

baca juga: Muara Hotel Bukitinggi Beri Diskon Khusus Bagi Pengunjung yang Sudah Divaksin COVID-19

"Operasi Yustisi ini untuk menekan angka kasus positif virus Covid-19 di wilayah Kota Padang. Operasi digelar di ruang publik dan pengendara yang melintas di lokasi operasi yustisi dengan tidak menggunakan masker, maka langsung kami tindak," lanjutnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Operasi Yustisi dilakukan setiap hari di Kota Padang bersama tim gabungan ini, masyarakat harus lebih peduli lagi terhadap peraturan yang dibuat pemerintah mengenai protokol kesehatan .

baca juga: Andre Rosiade: Jangan Takut, Stok Vaksin Covid-19 Aman

"Diharapkan masyarakat lebih peduli dengan himbauan dan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah mengenai protokol kesehatan dengan menerapkan 3M Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak," harapnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri