Kelelawar Bikin Gaduh dan Memaksa Pesawat Putar Balik, Apa yang Terjadi?

KLIKPOSITIF - Seekor kelelawar membuat sebuah pesawat yang terbang dari India menuju Amerika Serikat, harus putar balik karena membuat kegaduhan di dalam kabin.

Menyadur The Sun, Sabtu (29/5/2021) insiden tersebut menimpa maskapai Air India yang lepas landas dari Delhi menuju Amerika Serikat.

baca juga: Tersandung Kasus Film Dewasa, Suami Bintang Bollywood Shilpa Shetty Ditangkap Polisi

Sebuah video menunjukkan seekor kelelawar tiba-tiba muncul di dalam kabin pesawat Boeing 777 sekitar 30 menit setelah lepas landas pada Kamis (27/5).

Pilot memutuskan untuk putar balik ke pangkalan semula, Business Today melaporkan, setelah keberadaan kelelawar dilaporkan ke Air Traffic Control.

baca juga: Gubernur Cari Solusi Murahnya Harga Gambir di Sumbar: Saya Akan Temui Menteri BUMN

Pejabat Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa pesawat - AI-105 DEL-EWR - kembali ke Delhi setelah keberangkatan ketika keadaan darurat siaga setempat telah diumumkan.

"Saat tiba, diketahui bahwa anggota kru melihat kelelawar di dalam kabin. Petugas satwa liar dipanggil untuk menangkap dan mengambil kelelawar itu. Pesawat mendarat dengan selamat sekitar pukul 03:55 (waktu setempat), dan kemudian dinyatakan Aircraft on Grounded (AoG)," jelas DGCA.

baca juga: Tsunami Covid-19 di India Terus Berlanjut, Angka Kematian Tembus 4.529 dalam Sehari

Begitu pesawat kembali mendarat di Bandara Internasional Delhi Indira Gandhi, pesawat tersebut dilaporkan menjalani fumigasi lengkap setelah kelelawar tertangkap.

Seorang pejabat senior Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengatakan kelelawar itu ditemukan tewas di area tempat duduk kelas bisnis.

baca juga: Gawat, Korban Meninggal Dunia Akibat COVID-19 di India Telah Lebih Dari 250.000 Orang

Departemen keselamatan penerbangan Air India dilaporkan akan melakukan penyelidikan mendetail atas insiden tersebut.

Laporan awal dari tim teknik Air India menyatakan bahwa mamalia yang tidak diinginkan tersebut berasal dari pihak ketiga.

"Kemungkinan alasan/penyebabnya mungkin dari kendaraan seperti untuk katering," kata seorang pejabat Air India . "Sepanjang waktu tikus/kelelawar keluar dari kendaraan tersebut."

Para penumpang segera dialihkan ke pesawat Air India lainnya, yang mendarat di New Jersey pada pukul 11.35 waktu setempat.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi