Bupati Khairunas Lobi Pemerintah Pusat Percepatan Pembangunan Solsel, IKAMASS: Semoga Pegawai Mampu Mengimbangi

Bupati Solok Selatan Khairunas  menyerahkan miniatur Seribu Rumah Gadang kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi
Bupati Solok Selatan Khairunas menyerahkan miniatur Seribu Rumah Gadang kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi (Ist)

KLIKPOSITIF - Bupati Solok Selatan Khairunas bergerak cepat untuk mewujudkan impiannya memajukan dan mensejahterakan masyarakat Solok Selatan .

Memanfaatkan waktu satu bulan setelah dilantik Pada 26 April 2021 yang lalu, Khairunas berjibaku membenahi tata kelola pemerintahan, Disiplin dan Kinerja Pegawai, termasuk memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

baca juga: PKBM Dharma Nagari Solok Selatan Latih Barrista Kopi Dengan Program Life Skill

Salah satu pesan Khairunas mengenai Disiplin adalah ketepatan waktu masuk kantor, selalu datang lebih dulu ke Kantor Bupati.

Bupati Solok Selatan Khairunas Menyerahkan proposal pembangunan kepada Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Bupati Solok Selatan Khairunas Menyerahkan proposal pembangunan kepada Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

"Saya Pukul enam pagi tidak boleh lagi tidur oleh orang tua saya, Jadi Bapak Ibu harus menyesuaikan Bukan saya yang harus menyesuaikan waktu dengan Bapak ibu, jangan coba-coba datang terlambat," kata Khairunas

baca juga: Pelaku Seni Tradisi Solsel Diberi Pendidikan dan Pelatihan

Sedangkan mengenai kinerja pihaknya menekankan bahwa pihaknya tidak suka orang yang hanya bercerita tetapi tidak menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menyerahkan Proposal pembangunan di Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK)
Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menyerahkan Proposal pembangunan di Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK)

"Saya tidak perlu diloge (Dirayu,red), Bagi Bapak Ibu yang berkinerja baik maka akan saya pakai, saya butuh orang yang bekerja, kalau tukang cerita adapula perannya, nanti," kata Khairunas.

baca juga: Gantikan Ali Sabri Sebagai Anggota DPRD Solsel dari PAN, Jetra Pedri : Segera Menyesuaikan Diri

Setelah menyiapkan aparatur untuk mengeksekusi program pembangunan Solok Selatan . Khairunas mulai menapaki jalan untuk meraih dana pusat dengan mendatangi berbagai Kementerian.

Bupati Solok Selatan Khairunas, Wakil Bupati Yulian Efi Bertemu Ketua dan Sekretaris IKAMASS Rildo Ananda Anwar dan Hasmurdi Hasan
Bupati Solok Selatan Khairunas, Wakil Bupati Yulian Efi Bertemu Ketua dan Sekretaris IKAMASS Rildo Ananda Anwar dan Hasmurdi Hasan

Terbatasnya APBD Solok Selatan , tentu Membangun daerah tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dibutuhkan kebersamaan dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari pemerintah pusat.

baca juga: Yendri Susanto Gantikan Ali Sabri Abas Sebagai PAW Pimpinan DPRD Solsel

Luasnya wilayah Negara kesatuan republik Indonesia, Dukungan pembangunan dari Pemerintah Pusat tersebut tidak akan datang begitu saja maka dibutuhkan silaturahmi dan komunikasi. Penyempaian proposal Pembangunan dan pemaparan rencana kerja di depan pihak terkait sesuai bidang yang dibutuhkan diberbagai kementerian.

Tidak tanggung-tanggung, Khairunas menuntaskan sebanyak dua belas tujuan ke Kementerian dalam dua hari bersama Wakilnya Yulian Efi, dan Organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Dan menyerahkan proposal pembangunan Solok Selatan diberbagai bidang kepada pengambil kebijakan di setiap Kementerian.

Menpora Dukung Anggaran Kegiatan Olahraga dan Pemuda Serta Bantu rekomendasi ke Kemen PUPR Untuk pembangunan Fisiknya

Kedatangan Bupati Solok Selatan Khairunas dan rombongannya menyampaikan Usulan pembangunan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendapat sambutan hangat dan apresiasi dari Menpora Amali.

Menpora Amali, mengatakan untuk anggaran yang ada di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini hanya untuk kegiatan-kegiatan keolahragaan dan kepemudaan tidak termasuk pembangunan fisik sarana dan prasarana olarahaga maupun kepemudaan.

"Yang memungkinkan di kita di kegiatan-kegiatan saja. Kalau pembangunan fisik dialihkan ke PUPR," jelas Menpora Amali.

Sedangkan Terkait usulan pembangunan infrastruktur fisik sarana olahraga, Menpora menyebutkan Kemenpora tidak memiliki kewenangan. Sebab, kini kewenangan itu sudah dialihkan di Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PUPR).

"Kalau pembangunan infrastruktur di kami ini. Sejak 2020 ya itu semua diserahkan ke PUPR. Kita hanya mengkoordinasikan saja," kata Menpora Amali.

Meski demikian katanya, pihaknya akan mengupayakan rekomendasi dan koordinasi dengan Kementerian PUPR terkait usulan dari Bupati Solok Selatan tersebut. "Karena itu aspirasi dari masyarakat kami akan sampaikan ke PUPR. Bapak kita harus berkomubiaski dengan PUPR," sarannya.

Menpora menyebutkan Karena banyaknya pengajuan pembangunan fasilitas olahraga dari daerah-daerah, Pihaknya berharap dana alokasi khusus (DAK) untuk hal tersebut kembali ada pada tahun anggaran 2022 mendatang.

"DAK (untuk fasilitas fisik olahraga) oleh Kementerian Keuangan dihilangkan sejak 2020. Kita sih berharap tahun 2022 ini ada lagi," katanya.

Hal ini dibenarkan oleh Rildo Ananda Anwar Stafsus Kementerian PUPR yang juga Ketua Ikatan Masyarakat Solok Selatan (IKAMASS) di Jakarta, Bahwa seluruh kegiatan pembangunan fisik saat ini dipusatkan di Kemen PUPR, tetapi pengusulannya tetap memlalui kementerian terkait.

Dalam kunjungan ke kementerian ini, Selain berbincang soal fasilitas olahraga dan kepemudaan, Bupati Solok Selatan Khairunas dan Menpora Amali membahas banyak hal untuk Kemajuan daerah Solok Selatan .

Dorong Investasi Menperin Siapkan Tim Ke Solok Selatan Untuk Memetakan Potensi Yang Ada

Tertarik dengan pemaparan Potensi wilayah Solok Selatan Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita berjanji untuk mendorong peningkatan investasi di daerah ini. Bahkan Pihaknya juga menjanjikan untuk menyiapkan tim untuk berkunjung ke Solok Selatan guna mempelajari potensi-potensi yang ada.

Hal tersebut disampaikan Menperin Agus Gumiwang di ruangan kerjanya ketika menerima Kunjungan Bupati Solok Selatan Khairunas Kamis (27/5/2021). Dalam kunjungan tersebut, Bupati beserta beberapa kepala OPD memaparkan potensi-potensi investasi yang ada di Solok Selatan .

"Dengan banyaknya potensi-potensi investasi di Solok Selatan , tentu kita akan dorong investor untuk mempelajarinya, termasuk industri pengolahan hasil tambang biji besi. Dan kita juga bantu menyiapkan tim untuk berkunjung kesana untuk mempelajari nantinya," terang Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati yang didampingi Kepala Bappeda Yul Amri dan Kadis Perindagkop juga menyampaikan beberapa proposal. Salah satu proposal yang diajukan adalah kelanjutan Revitalisasi Sentra IKM Kopi yang representatif sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk kopi Solok Selatan .

Dalam surat permohonan kepada Menteri, dijelaskan bahwa Kabupaten Solok Selatan mempunyai luas lahan kopi Arabica 1.154 ha dan kopi Robusta 3.324 Ha dengan produksi kopi Arabica 655,340 Ton per tahun sedangkan produksi kopi Robusta sebanyak 2.109,008 Ton pertahun.

Untuk itu karena keterbatasan anggaran APB Kabupaten Solok Selatan maka pihak pemkab sangat mengharapkan pendanaan lanjutan sentra IKM Kopi ini melalui dana DAK tahun 2022.

Suasana penuh keakraban kembali terlihat Pada Kamis malam (27/5/2021), Saat Bupati Solok Selatan Khairunas, Wakil Bupati Yulian Edi, serta beberapa kepala OPD, bersilaturahmi dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartanto di rumah kediaman di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, membicarakan banyak hal terkait berbagai perencanaan pembangunan, di Solok Selatan .

Berikut ini Pihak-Pihak di Pemerintah Pusat yang ditemui Bupati Solok Selatan Khairunas bersama Wakil Bupati Yulian Efi. Direktur Tata Ruang, dan Penanganan Bencana Bappenas, Direktur Sekolah Menengah Pertama Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbud RI, Direktur Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman,

Ditjen Cipta Karya, Kemen PU&PR, Staf khusus Menteri PU&PR RI, Kemendagri pada Ditjen Otoda.

Tidak hanya dukungan dari pemerintah pusat dalam perjalanan dua hari tersebut Khairunas juga mendatangi Ikatan Masyarakat Solok Selatan (IKAMASS) guna meraih dukungan dari perantau daerah yang berkiprah diluar.

Sekretaris IKAMASS Harmurdi Hasan menyebutkan seluruh perantau mengapresiasi keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan dalam percepatan pembangunan di Solok Selatan .

"Kami dirantau sangat mengapresiasi langkah cepat dan terukur yang dilakukan Bupati Solok Selatan Guna percepatan pembangunan di daerah, ini luar biasa belum satu bulan beliau sudah menjalankan program step by step" katanya.

Melalui IKAMASS yang diketuai oleh Rildo Ananda Anwar katanya. perantau siap membantu dan mendukung Program pembangunan didaerah termasuk memfasilitasi keberbagai kementrian di Jakarta.

IKAMASS katanya, telah menginventarisir seluruh perantau Solok Selatan yang saat ini berkiprah diberbagai bidang profesi yang memiliki cita-cita yang sama membangun Solok Selatan .

"Kita berharap semua Pegawai di Solok Selatan mampu mengimbangi kinerja Bupati sehingga Program pembangunan bisa berjalan sesuai harapan, kepada Bupati kita sarankan untuk Penilaian karir pegawai hendaknya berdasarkan Kinerja dan kompetensi tidak karena suka atau tidak suka," katanya. (Adv)

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah