Hari Ini, Piala API Akan Diarak dari Kantor Bupati Lima Puluh Kota Menuju Kampung Sarugo

Kampung Sarugo di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar
Kampung Sarugo di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Jika tidak ada halangan, hari ini Selasa 1 Juni 2021, piala Anugerah Pesona Indonesia (API) akan diarak dari Kantor Bupati Lima Puluh Kota menuju Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar.

Dalam jadwalnya, parade Piala API ini akan mulai sekitar pukul 09.30 WIB. Sesampainya di Kampung Sarugo , akan digelar makan bajamba (makan bersama) dan akan dilanjutkan acara seremonial penyerahan Piala API.

baca juga: Seminggu Pencarian Hasnadi, Tim SAR 50 Kota Hentikan Pencarian

Kegiatan seremonial akan ditutup dengan acara pengukuhan Pokdarwis se Kecamatan Gunuang Omeh.

Seperti diketahui, Kampung Sarugo meraih peringkat kedua dalam ajang API 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler.

baca juga: Hasnadi Belum Ditemukan, Basarnas 50 Kota Tetap Lakukan Pencarian di Hari Lebaran

Penghargaan ini boleh dibilang sangat mengejutkan, karena sebelumnya Kampung Sarugo tidak banyak dikenal masyarakat luas, karena lokasinya boleh dikatakan sangat terpencil.

Namun karena keunikan Kampung Sarugo yang masih melestarikan banyak Rumah Gadang yang telah berusia puluhan hingga ratusan tahun, serta keramahan masyarakatnya, kampung ini akhirnya menjadi destinasi baru di Kabupaten Lima Puluh Kota .

baca juga: Lapas Kelebihan Kapasitas, Wabup Lima Puluh Kota Tawarkan Lahan untuk Bangunan Baru

Kesuksesan tersebut tak terlepas dari peran Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota serta masyarakat setempat yang bahu membahu membangun Kampung Sarugo .

Editor: Haswandi