Dukung Kemerdekaan Palestina, ACT Deklarasikan KKIPP Solok

Pernyataan sikap KKIPP Solok dan organisasi yang mendukung pembebasan Palestina
Pernyataan sikap KKIPP Solok dan organisasi yang mendukung pembebasan Palestina (Klikpositif)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendeklarasikan berdirinya Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) Solok, Rabu (2/6/2021).

Ketua KKIPP Solok, Tengku Muhammad Dewan mengatakan, KKIP merupakan wadah perjuangan masyarakat sipil internasional yang terorganisir untuk membebaskan Palestina dari penjajahan.

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

"KKIPP menjadi gerakan masyarakat sipil dunia untuk pembebasan Palestina melalui berbagai gerakan dengan berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan," ungkap Tengku Dewan.

Menurutnya, KKIPP menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk bergerak dalam membantu perjuangan pembebasan Palestina . Tidak hanya melalui melakukan penggalangan bantuan, namun juga langkah advokasi.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

KKIPP yang sudah ada di 62 daerah di Indonesia juga tengah menggalang petisi online untuk pembebasan Palestina . Bahkan sejak diluncurkan sudah ada dukungan lebih kurang 11 ribu.

" Palestina butuh gerakan nyata, penekanan secara Civil Society perlu dilakukan, begitu juga dengan langkah-langkah advokasi," tuturnya.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Dikatakannya, beberapa waktu belakangan juga muncul upaya melemahkan perjuangan untuk Palestina , dengan lahirnya berbagai opini bahwa bangsa Indonesia tidak ada hubungan dengan Palestina .

"Hal itu keliru, kita punya hubungan historis yang kuat dengan Palestina , Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia setahun sebelum diproklamirkannya Kemerdekaan, kita berhutang Budi dengan Palestina ," tuturnya.

baca juga: Tekan Dampak Ekonomi, Pemko Solok Salurkan BST dan Beras PPKM

Sementara itu, MUI Kota Solok yang diwakili Drs. Maqomam Mahmuda, mendukung penuh gerakan yang dilakukan ACT dan KKIPP dalam membantu perjuangan dan pembebasan Palestina .

" Palestina merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan kita, untuk itu mari saling tolong menolong dalam kebajikan, duka Palestina merupakan duka kita juga," katanya.

Gerakan yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk ACT dan KKIPP merupakan bentuk dukungan nyata terhadap perjuangan Palestina . Pihaknya mengajak untuk menolak upaya pelemahan terhadap perjuangan terhadap kemerdekaan Palestina .

"Kalau tidak bisa mendukung, lebih baik diam, jangan melemahkan, kalau kita mampu, kita dukung dengan apa yang bisa kita bantu. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk manusia lainnya," tutupnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pembacaan sikap oleh ACT, KKIPP, MUI Kota Solok , Komunitas dakwah, organisasi peduli Palestina dan juga pihak lainnya.

Editor: Syafriadi