Pemkab Solsel Cek Fisik Seluruh Kendaraan Dinas, Bupati Khairunas: yang Tidak Sesuai Peruntukannya Akan Diambil Tindakan Tegas

Bupati Solok Selatan Khairunas melakukan cek fisik Kendaraan Dinas dihalaman Kantor Bupati Padang Aro, 3 Juni
Bupati Solok Selatan Khairunas melakukan cek fisik Kendaraan Dinas dihalaman Kantor Bupati Padang Aro, 3 Juni (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -Bupati Solok Selatan Khairunas meninjau langsung cek Fisik kendaraan Sebagai upaya untuk melakukan tertib administrasi, pengelolaan dan pengamanan aset kendaraan bermotor dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Khairunas yang didampingi Asisten Administrasi Umum Amdani dan Asisten Perekonomian Putra Nusa mengingatkan agar setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bertanggungjawab dalam memelihara aset yang telah dipercayakan kepada mereka, dengan menjaga dan merawat, termasuk kesesuaian peruntukan kendaraan tersebut.

baca juga: Penampakan 3 Harimau di Perkampungan Solok Selatan, Ini Kata Balai TNKS Sektor Batang Suliti

"Untuk yang tidak sesuai peruntukannya atau tidak memiliki dokumen lengkap, kita minta bidang aset dan asisten terkait ambil tindakan tegas. Dan bagi kendaraan yang tidak datang hari ini, besok pagi wajib hadir untuk cek fisik," katanya

Dia memerintahkan bidang aset betul-betul mendata dan mengecek secara fisik seluruh aset Pemda khususnya kendaraan bermotor dan melakukan cek fisik kendaraan dinas tersebut secara rutin setiap tiga bulan.

baca juga: Terkait Hal Ini, Pemkab Solok Selatan Tandatangani Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Padang

"Bidang aset agar melakukan pengecekan fisik seluruh kendaraan dinas dengan sebaik-baiknya. Kelengkapan surat-surat, penanggungjawab kendaraan, kondisi kelaikan kendaraan, dan lainnya, agar didata dan dilaporkan secara tertulis," tegasnya.

Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Masdera Riko, mengatakan pengecekan fisik kendaraan bertujuan untuk mewujudkan penatausahaan aset yang akuntabel dalam rangka pembuktian aset daerah sekaligus pemutahiran data aset daerah yang tersebar di seluruh instansi.

baca juga: Porang, Durian dan Kapulaga Masuk Komoditi Unggulan Pertanian Solsel, Ini Alasannya

"Cek fisik dilakukan dengan cara melihat kesesuaian antara plat nomor, nomor mesin, dan kerangka mesin, dengan dokumen kendaraan masing-masing sesuai Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Termasuk indentifikasi kondisi kelaikan kendaraan," katanya

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah