Imbas Keputusan Pusat, 102 CJH Kota Solok Batal Berangkat Haji

Ilustrasi Jemaah Haji
Ilustrasi Jemaah Haji (Foto : Hatta Rizal)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Sebanyak 102 orang Calon Jemaah Haji asal Kota Solok , Sumatra Barat batal menunaikan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.

Hal itu menyusul keluarnya surat keputusan Menag Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

baca juga: PKSI Kota Solok Bantu Baju Hazmat Untuk Petugas BPBD

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kota Solok , Eri Iswandi, penundaan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 sesuai dengan surat edaran Menag dan daerah sifatnya mengikuti keputusan pusat.

"Yang tertunda keberangkatannya sebanyak 102 orang, itu calon jemaah haji yang sudah melunasi biaya sejak 2020 lalu, dan di tahun 2021 ini juga tidak ada keberangkatan jemaah," tuturnya, Sabtu (5/6/2021).

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

Terkait biaya haji CJH yang sudah lunas, bisa mengambil kembali namun kalau tidak mengambil dan berangkat tahun 2022 tidak ada penambahan biaya.

"Itu informasi yang disampaikan menteri Agama, dan kita di daerah mengikuti keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat," tegasnya.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Sesuai dengan jadwal musim haji, biasanya sebulan sesudah hari raya Idul Fitri sudah mulai pemberangkatan calon jemaah haji melalui embarkasi masing-masing.

Pihaknya meminta calon jemaah haji untuk bersabar, jika memang nanti ada perkembangan terkait kebijakan pelaksanaan ibadah haji akan disampaikan oleh Kemenag Kota Solok .

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Sementara itu, pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 juga harus diterima oleh 173 orang calon jemaah haji asal Kabupaten Solok.

Editor: Syafriadi