Ini Dia Durian Terbaik, Juara Festival Durian Solok Selatan

Tiga durian terbaik pada Festival Durian Solok Selatan
Tiga durian terbaik pada Festival Durian Solok Selatan (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Festival Durian Solok Selatan ( Solsel ) - Sumbar ditutup hari ini, Selasa 8 Juni 2021 dan mendapatkan tiga varietas durian terbaik asli daerah itu.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bekerjasama dengan dinas Pertanian Provinsi Sumbar rencananya akan segera mematenkan nama durian yang muncul sebagai terbaik 1, 2 dan 3 pada festival durian tersebut.

baca juga: Diduga Diserang Harimau, Seekor Anak Sapi Ditemukan Mati di Solok Selatan

"Bekerjasama dengan Dinas Pertanian provinsi, durian terbaik tentu segera kita patenkan, tetapi yang memberikan nama tentu masyarakat itu sendiri," kata Bupati Solsel Khairunas

Diketahui Sebagai Juara I yakni Durian Raja Silului, milik Bumnag Padang Air Dingin Mandiri, dari Padang Air Dingin Sangir Jujuan, umur pohon 67 tahun.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pengobatan Bocah Penderita Tumor Perut asal Solsel

Juara 2 Durian Musafir, milik Noval, dari Koto Japang Sangir Jujuan, umur pohon 17 tahun. Sementara juara 3 Durian Tumbilang, milik Hendrianto, dari Koto Rambah Sangir, umur pohon 150 tahun.

Juri Kontes durian unggul pada Festival Durian Solok Selatan , Fahrihul mengatakan secara umum dari 57 durian yang dinilai dari segi rasa semua bagus dan enak.

baca juga: Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

"Tetapi selain rasa banyak hal yang harus dinilai, seperti porsi, ketebalan isi dan kulit, warna dan ketebalan daging durian , tekstur dan besarnya biji durian ," kata Fahrihul didampingi dua juri lainnya Nilu putu dan Selfiati.

Dia melanjutkan setelah melakukan proses penilaian yang cukup alot dari 57 buah durian tersebut mengerucut menjadi 16 buah durian sebelum akhirnya mendapatkan tiga terbaik.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

"Dapat kami jelaskan sedikit, tentang Tiga durian terbaik tersebut yakni, juara pertama seberat satu kilo gram rasa manis pahit. juara dua seberat 1,5 kilo rasanya manis, dan juara tiga bijinya kempes jumlah isi satu ruang durian itu satu sampai dua biji," jelasnya

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi