Minta Masyarakat Biarkan Durian Masak di Pohon, Bupati Solsel : Jan Dipanjek

Kompak Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Khairunas dan Yulian Efi Menanam Durian Pertama Untuk Masyarakat Solok Selatan setelah keduanya menjadi Kepala Daerah
Kompak Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan Khairunas dan Yulian Efi Menanam Durian Pertama Untuk Masyarakat Solok Selatan setelah keduanya menjadi Kepala Daerah (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Solok Selatan ( Solsel ) Khairunas meminta masyarakat mempertahankan tradisi tidak memanen durian muda maupun durian mengkal dengan cara memanjat pohon durian . Ia berharap masyarakat membiarkan durian masak di pohon dan jatuh sendiri.

" Durian jan dipanjek, (durian jangan dipanjat) hal ini juga sekaligus sebagai upaya menjaga dan merawat tanaman buah kita dengan sebaik-baiknya, serta menjaga kestabilan harga durian itu sendiri," kata Khairunas saat penanaman durian unggul di Jorong Koto Rambah sebelum penutupan kegiatan Festival Durian Solok Selatan , Selasa 8 Juni 2021.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Khairunas memerintahkan dinas terkait untuk melakukan penelitian dan menganggarkan agar tiga jenis tanaman buah tersebut dapat berkembang di Solsel .

"Bibit durian unggul ini nanti kita sebarkan lagi ke masyarakat untuk ditanam, dan bagi masyarakat yang mampu silahkan membuat kebun durian yang lebih luas untuk ketersediaan durian tersebut," katanya

baca juga: Usai Lantik PAW Anggota DPRD Solsel, Zigo: Setelah Dilantik Harus Rajin Ke Kantor

Salah seorang masyarakat Nagari Lubuk Gadang Utara Hendrianto mengungkapkan tradisi tidak memanjat pohon durian di daerah itu saat ini mulai dilanggar oleh beberapa pemilik kebun durian , terutama disaat harga cukup tinggi di pasaran.

"Kalau harga durian tinggi, masyarakat ada juga yang memanen durian mengkal. Kalau di sini disebut mulai maabu. Akibatnya pada periode panen berikutnya harga jatuh disebabkan ulah satu atau dua orang tersebut," katanya.

baca juga: Afri Nofiardi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solsel

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi