Gelar Lomba Desain Rumah Sehat, PLN Siapkan Hadiah Hingga Ratusan Juta

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, Toni Wahyu
General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, Toni Wahyu (Ist)

KLIKPOSITIF - Sejalan dengan semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, PLN mengadakan kegiatan Lomba Desain Rumah Sehat, Terjangkau, dan Ramah Lingkungan dari Material Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PLTU. Yaitu pemanfaatan limbah non-B3 yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara untuk pengoperasian PLTU sebagai material-material untuk pembuatan bangunan yang dilombakan dalam bentuk file konsep perencanaan desain, gambar desain, hingga RAB desain.

Tak tanggung-tanggung, PLN menyiapkan total hadiah dan bantuan implementasi program sebesar Rp457 Juta untuk 5 desain terbaik kategori umum dan 4 desain terbaik kategori mahasiswa. Kategori umum diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki pengalaman dalam mendesain rumah atau pengembang perumahan. Sementara kategori mahasiswa diperuntukan bagi mahasiswa/i DIII/S1 Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur minimal Semester 5.

baca juga: GM PLN Sumbar Kunjungi Wako Padang, Bahas Keandalan Pasokan Listrik yang Tersedia

Lomba ini diselenggaran guna mendukung pemanfaatan FABA secara masif dan kontiniu sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur nasional/daerah yang lebih ramah lingkungan. Selain juga untuk mendukung UMKM yang bergerak di bidang pemanfaatan FABA.

Hal ini merupakan realisasi dukungan PLN terhadap Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dimana FABA dari PLTU, sesuai hasil uji, tidak memenuhi karakteristik sebagai limbah bahan berbahaya dan beracun, sehingga layak dimanfaatkan untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

baca juga: Melalui Aplikasi PLN Mobile, Seluruh Layanan PLN dengan Mudah Dapat Diakses dari Genggaman Saja

Ke depannya, PLN juga berupaya agar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN dapat merealisasikan desain-desain dari peserta lomba. Seperti disebut Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, '' "Kami mengajak seluruh masyarakat untuk melahirkan karya inovasi dalam pemanfaatan FABA, khususnya untuk pembuatan tempat tinggal yang dapat membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan rumah layak huni."

Disebut Toni Wahyu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, metamorfosis memanfaatan FABA secara masif perlu didukung oleh berbagai pihak.

baca juga: Meski di Tengah Pandemi, PLN Berhasil Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

''Di Indonesia pemanfaatan FABA mungkin terbilang asing. Tapi negara-negara maju banyak yang telah melakukannya. FABA di negara maju telah digunakan pada industri cat dan semen, bahan baku pertanian, reklamasi lahan bekas tambang, dan lain sebagainya. Di Sumbar, saya dengar ada masyarakat yang memanfaatkan FABA PLTU Teluk Sirih untuk pembuatan paving blok. Ini dapat menjadi referensi,'' sebutnya, Rabu (09/06).

Pendaftaran peserta lomba masih terbuka hingga Minggu (13/06) mendatang dan pengumpulan karya diterima maksimal pada Senin (14/06). Masyarakat yang tertarik dapat mendaftar melalui link pendaftaran: bit.ly/RegistrasiRumahFABA kemudian mengumpulkan materi hasil desain melalui link pengumpulan karya: bit.ly/DesainKaryaRumahFABA. Detail TOR dapat dibaca pada link: bit.ly/TORRumahFABA atau tanyakan info lebih lanjut lewat koresponden email: haribumipln@pln.co.id. Ikuti info-info terupdate yang di-share melalui media sosial instagram: pln_id dan divisi_hsse_pln, twitter @_pln_id , dan facebook PLN .

baca juga: PLN UP3 Bukittinggi Gelar Talkshow Guna Tingkatkan Pengetahuan Kelistrikan Masyarakat

Ayo masyarakat Sumbar, ikuti lomba desainnya dan jadilah bagian dari inovasi rumah masa depan di Indonesia; Rumah Sehat, Terjangkau, dan Ramah Lingkungan.*

Editor: Khadijah